Pentingnya Vitamin A Pada Ibu Nifas

Vitamin A adalah suatu vitamin yang berfungsi dalam sistem penglihatan, fungsi pembentukan kekebalan dan fungsi reproduksi. Vitamin A  perlu diberikan dan penting bagi ibu selama dalam masa nifas. Pemberian kapsul vitamin A bagi ibu nifas dapat menaikkan jumlah kandungan vitamin A dalam ASI, sehingga pemberian kapsul vitamin A (200.000 unit) pada ibu nifas sangatlah penting, selain bermanfaat bagi ibu kapsul vitamin A juga bermanfaat pada bayi, karena pada masa nifas ibu menyusui bayinya sehingga secara tidak langsung bayi pun juga memperolehnya. Manfaat vitamin A selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat juga meningkatakan kelangsungan hidup anak serta membantu pemulihan kesehatan ibu nifas yang erat kaitanya dengan anemia dan mengurangi resiko buta senja pada ibu menyusui ini sering terjadi karena kurang vitamin A.

Pada ibu menyusui berisiko mengalami kekurangan vitamin A (KVA) karena pada masa tersebut ibu membutuhkan vitamin A yang tinggi untuk produksi ASI bagi bayinya. Status gizi dan kesehatan pada ibu hamil sangatlah penting, karena sering kali status gizi opada ibu menyusui terabaikan terlebih pada keluarga yang ekonominya menengah kebawah, hal ini menunjukan bahwa KVA merupakan masalah potensial bagi ibu serta bayi yang disusuinya.

Cara mengatasi kekurangan vitamin A (KVA) pada ibu menyusui:

Hal ini dapat ditanggulangi dengan berbagai cara, seperti peningkatan dan ketersediaan konsumsi makanan yang mengandung vitamin A melalui lingkungan sekitar (pemanfaatan pekarangan), serta dengan suplementasi. Ada pun beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin A yang bisa dikonsumsi masyarakat yang mudah didapatkan seperti telur, hati, buah-buahan yang berwarna orange seperi buah mangga masak, papaya masak, ada juga sayuran berdaun hijau seperti bayam.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatakan vitamin A yaitu dengan menggalakkan promosi sumber makanan tersebut. Selain itu juaga dapat melibatkan kader-kader desa untuk memberikan penyuluhan mengenai asupan vitamin A. Karena di Indonesia masi banyak ibu yang melahirkan di rumah pemberian tablet vitamin A dapat juga diberikan oleh kader atau bidan desa saat melakukan kunjungan rumah.

Dengan pemberian kapsul vitamin A pada ibu setelah melahirkan dapat meningkatkan kwalitas vitamin A dan jumlah kandungan vitamin A tersebut dalam ASI.

Manfaat dari pemberian tablet vitamin A:

Kwalitas vitamin A yang terkandung dalam ASI sangat tergantung pada status kesehatan gizi ibu. Pemberian tablet vitamin A dosis rendah setiap minggunya sebelum masa kehamilan, saat masa kehailan dan setelah melahirkan dapat menaikan kwalitas kesehatan ibu yang dapat menurunkan penyakit rabu senja, serta menurunkan mortalitas yang berkaitan dengan anemia yang sering terjadi.

Pemberian kapsul vitamin A  pada ibu nifas sangat berpengaruh untuk meningkatakan kwalitas vitamin A pada bayi, karena ASI yang diberikan merupakan sumber utama vitamin A pada bayi pada enam bulan pertama kehidupan

Pemberian tablet vitamin A pertama dilakukan segera setelah melahirkan tablet kedua diberikan sedikitnya satu hari setelah pemberian tablet pertama danh tidak lebih dari 6 minggu kemudian.

Tanda-tanda awal kekurangan vitamin A:

  • Penglihatan berkurang pada malam hari (rabun senja)
  • Kulit kering
  • Meningkatnya risiko infeksi (menuju ke gejala kanker)
  • Kekurangan vitamin A yang dapat menyebabkan kebutaan yang parah

Sumber Pustaka:

(Buletin Kesehatan dan Gizi, 2004).

Saleha, 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta: Salemba Medika (hlm: 71-76).
Suherni, 2007. Perawatan Masa Nifas. Yogyakarta: Fitramaya. (hlm: 101-118).