Kesehatan Gigi dan Mulut

Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Lagu tersebut mungkin cocok untuk orang yang tidak pernah merasakan sakit gigi. Tetapi untuk seseorang yang pernah mengalaminya, lagu ini merupakan lagu yang bertujuan untuk menghibur saja.

Gigi adalah bagian dari rongga mulut yang perawatannya kadang tidak kita perhatikan dengan serius. Banyak orang yang mengabaikan kesehatan gigi. Padahal merawat gigi sangatlah penting. Jika sudah terserang sakit gigi, maka anggota tubuh yang lain juga akan ikut merasakan, sehingga seluruh tubuh merasakan sakit, mulai rasa pening, demam, sampai mual dan muntah.

Gigi merupakan organ yang penting saat seseorang mengkonsumsi makanan. Banyaknya berbagai macam makanan yang dikonsumsi oleh seseorang dapat menyebabkan terjadinya masalah terhadap kesehatan gigi jika orang tersebut kurang menjaga kesehatan giginya.

Masalah yang sering ditemukan adalah kerusakan gigi seperti gigi berlubang yang biasanya ditandai dengan rasa sakit pada gigi, nyeri saat makan atau minum manis, asam, panas atau dingin, masalah lainnya yaitu terjadinya penyakit gusi yang dapat memicu adanya bau mulut.

Oleh sebab itu, agar semua orang  tidak merasakan sakit gigi dan bau mulut, orang tersebut harus menjaga kesehatan gigi dan mulutnya yaitu:

  1. pertama dengan cara membiasakan diri untuk sikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur pada malam hari. Sikat gigi sebelum tidur sangat penting untuk menghilangkan sisa – sisa makanan yang telah dikonsumsi  agar terhindar dari gigi berlubang dan gangguan gusi.
  2. Kedua, sebaiknya segera menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan yang manis  atau lengket karena sisa makanan yang manis ataupun lengket yang tidak segera dibersihkan.
  3. Ketiga, kita harus pintar dalam memilih sikat gigi, pilih sikat gigi yang lembut. Banyak orang yang beranggapan bahwa menyikat gigi dengan keras dapat membersihkan gigi dengan baik, tetapi hal ini salah, menyikat gigi dengan keras dapat menyebabkan lapisan gigi terkikis dan juga dapat menyebabkan gusi berdarah.
  4. Keempat, gunakan cara menyikat gigi yang benar yaitu dengan arah ke atas lalu ke bawah atau dari arah gusi ke arah ujung gigi. Kelima, ganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali atau bila bulu sikat sudah mekar. Gunakan sikat gigi dengan wadah tertutup agar tehindar dari kuman.

Senyum yang indah pastinya dilengkapi dengan gigi yang sehat. Untuk gigi putih dan sehat ada berbagai tips untuk merawatnya. Pada dasarnya, warna gigi kita yang sebenarnya adalah putih. Namun dengan banyaknya zat-zat makanan yang melewati gigi juga oleh karena usia, sehingga warna gigi tidak bisa bertahan putih selamanya.

Dari sumber yang saya baca, berikut tips untuk menjaga warna alami gigi:

  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang berperan sebagai pemutih gigi alami, seperti buah dan sayuran
  • Strawberry adalah buah pemutih gigi yang sangat special. Caranya mudah, hancurkan saja strawberry kemudian tempelkan pada seluruh gigi dengan menggunakan jari. Diamkan selama satu sampai dua menit. Kemudian gosok gigi dengan menyeluruh sampai bersih.
  • Gunakan pasta gigi yang berperan sebagai pemutih, sekarang sebagian besar pasta gigi telah menggunakan enzim dan formula kimia sehingga tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi pasta gigi nerpemutih
  • Cara yang paling mudah dan sederhana untuk merawat gigi tetap putih adalah menggosok gigi tiga kali sehari dan setiap selesai makan.

 

DAFTAR PUSTAKA
 

__________ , 2011.  Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Online http://id.svhoong.com/how-to/health diakses tanggal 14 Desember 2011

Gilang Ramadhan, Ardyan.2010.Serba serbi Kesehatan Gigi dan Mulut. Bandung: Bukune