Bagaimana Mendinginkan Komputer Yang Panas?

Saat asyik berlama lama dengan komputer untuk mengerjakan tugas.. tiba tiba komputer hang…, saat bermain game eh.. komputer restart sendiri, saat menggunakan aplikasi desain grafis eh..komputer restrart sendiri atau komputer menjadi hang.. mengapa bisa begitu ya? Nah untuk mengatasinya dapat menggunakan software gratisan yaitu “SpeedFan”.

Apa itu SpeedFan ?

SpeedFan memungkinkan Anda melihat lebih dalam pada status komputer Anda. Hampir setiap komputer termasuk dukungan untuk hardware monitoring. Mengakses sensor suhu digital benar-benar berguna. Jika Anda mencoba untuk mencari tahu mengapa PC Anda hang ketika berada di bawah (program) beban berat atau setelah beberapa jam pemakaian, SpeedFan dapat membantu Anda menemukan penyebab sebenarnya. Sangat sering hal itu terjadi pada power supply yang buruk, atau heatsink tidak terpasang dengan benar. SpeedFan dapat menampilkan tegangan, kecepatan kipas dan suhu. Tidak hanya motherboard yang dicari, tetapi juga beberapa kartu video dan hampir setiap saat pada hard disk. SpeedFan dapat mengakses informasi status dari EIDE, SATA dan bahkan drive SCSI, secara konsisten menunjukkan data internal yang dapat digunakan untuk mendiagnosis sekarang dan masa depan kerusakan hard disk. Ini dikenal sebagai S.M.A.R.T. (Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology). Pada tingkat terendah, perangkat keras SpeedFan perangkat lunak monitor dapat mengakses sensor suhu digital, namun fitur utamanya adalah kemampuannya untuk mengendalikan kecepatan kipas sesuai dengan suhu di dalam PC Anda.

Suhu komputer yang terlalu panas tentu bukan pertanda baik, selain akan membuat komputer sering hang, dalam jangka panjang akan membuat komputer mengalami kerusakan secara phisik karena terbakar pada komponen tertentunya. Salah satu penyebab suhu tinggi pada komputer mungkin karena sirkulasi udara di dalam CPU yang kurang memadai.
Sebenarnya, hal seperti ini bisa dengan mudah diatasi, cukup dengan mengganti/menambah kipas exhaust yang memiliki kecepatan putaran (RPM) lebih tinggi. Sayangnya ini bukan jalan yang mudah diterapkan pada komputer jenis portable (laptop), ataupun pada beberapa komputer desktop branded dengan model kompak.

Berikut Contoh SpeeFan yang terinstal pada Komputer Desktop :

Untuk menambah kecepatan kipas dengan tujuan agar processor menjadi lebih dingin, Anda dapat mengklik “configure” pada tampilan awal seperti pada gambar diatas.

 

Urutan langkahnya, adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu Fan Control.
  2. Pilih (centang) Advanced fan control.
  3. Klik tombol ‘Add‘. Ini akan menampilkan jendela baru untuk menciptakan profil pengaturan.
  4. Pilih profil (yang baru dibuat) yang tertera di sana.
  5. Pilih (centang) Controlled speed.
  6. Pilih jenis sensor yang diinginkan (bisa ada lebih dari 1 jenis, tergantung komputer yang digunakan).
  7. Pilih ‘MAX of speed‘ agar kipas menggunakan batas kecepatan maksimal sebagai acuan.
  8. Pada bagian Temperatures, klik tombol ‘Add‘. Ini akan menampilkan jendela baru untuk memilih jenis sensor yang diinginkan. Pilih saja salah satu sensor yang paling tinggi dalam pembacaan suhunya (suhu tiap sensor bisa dilihat pada tampilan utama SpeedFan).
  9. Klik sensor suhu tersebut.
  10. Pada tabel ini, kita bisa menurunkan atau menaikkan batasan suhu yang diinginkan agar kipas bekerja pada kecepatan maksimal (100%). Lalu klik tombol ‘OK‘.

 

Harap diingat bahwa monitor hardware adalah chip yang memiliki beberapa pin (konektor kecil) yang harus terhubung ke beberapa perangkat keras tambahan (probe temperature, termistor atau termokopel) agar mampu membaca suhu.

Bila Anda telah mengidentifikasi dengan benar dimana sensor temperatur tersebut, cobalah turunkan kecepatan kipas masing-masing dan lihatlah kecepatan dan suhu yang dilaporkan. Jika anda tidak mengizinkan SpeedFan untuk mengubah kecepatan kipas dan mengatur semua kecepatan terlalu rendah, maka SpeedFan tidak akan bisa untuk menghindar overheating.

Dengan adanya software bantu seperti speedfan ini, sangat bermanfaat bagi kita untuk merawat atau maintanance komputer kita sehari-hari. Komputer bisa tetap awet karena tidak akan terjadi overheating karena sudah terkontrol dengan bantuan software gratis ini

 

Anda dapat mendownload SpeedFan 4.47di:  http://www.almico.com/sfdownload.php

 

 

Daftar Pustaka