Manfaat Kesehatan dari Tersenyum

Tersenyumlah, maka seluruh dunia akan tersenyum bersamamu.

Sebuah senyuman dapat terjadi dengan spontan. Ketika dosen anda membebaskan anda dari pekerjaan rumah, anda tersenyum simpul. Ketika teman anda melakukan sesuatu hal yang konyol, anda menyeringai. Dan ketika orang lain mengenali anda untuk hasil baik yang anda peroleh baik di bidang akademik atau di tempat kerja, anda tampak berseri – seri. Sehingga kita dapat mengatakan bahwa tersenyum adalah reaksi alami dalam berbagi kebahagiaan kita dengan orang lain.

Phyliss Diller pernah berkata “Senyum adalah garis lengkung yang meluruskan”. Ini berarti bahwa kita dapat meningkatkan sebuah kondisi tertentu dan membuatnya lebih baik hanya dengan tersenyum. Kedengarannya berlebihan, tapi seringkali sebuah senyuman dapat membantu kita memperoleh persepsi yang lebih baik dari orang lain tentang kita dan membantu kita lebih percaya diri sehingga dapat meyakinkan mereka tentang sesuatu yang ingin kita sampaikan. Tersenyum juga memainkan sebuah peran yang sangat penting dalam memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan kita, baik secara fisik maupun emosional. Ada sebuah bukti yang menegaskan bahwa mereka yang sering tersenyum rata – rata memiliki umur harapan hidup 7 tahun lebih lama daripada mereka yang jarang tersenyum

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda harus sering tersenyum, tidak hanya untuk kesehatan anda secara fisik tetapi juga secara emosional :

  1. Tersenyum dapat membuat anda bahagia (walaupun ketika anda tidak merasa bahagia)

Ketika kita tersenyum, ada hubungan antara tubuh dan pikiran yang terjadi secara otomatis dalam tubuh kita. Sebuah senyuman mengirim pesan ke otak bahwa kita sedang berbahagia. Ketika hal itu terjadi, endorphin, hormon yang mampu membuat kita merasa lebih baik, mengalir ke seluruh tubuh kita untuk menciptakan sensasi kebahagiaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh kita membuat perubahan fisiologis yang mencerminkan keadaan emosi kita, seperti perubahan detak jantung dan frekuensi pernafasan. Penelitian lain juga menemukan bahwa seseorang dapat merasa bahagia hanya dengan menarik sudut garis bibir mereka dengan sebuah pena, untuk meniru sebuah senyuman. Jadi cobalah tersenyum ketika anda tidak merasa bahagia atau sedih. Karena hal itu dapat membuat anda merasa lebih baik.

  1. Tersenyum dapat mengurangi setress

Ketika kita merasa stress, kita enggan tersenyum. Wajah kita akan tampak suram dan lelah. Hal ini juga akan membawa suasana suram yang akan mempengaruhi orang – orang di sekitar kita. Dan itu bukanlah sesuatu yang baik untuk dilihat. Jadi lain kali ketika anda merasa stress, tariklah napas dalam – dalam dan cobalah untuk tersenyum. Anda akan tampak bahagia dan anda akan merasa benar – benar bahagia karena perasaan stress anda menurun ketika endorphin dilepasakan sebagai reaksi dari senyuman yang kita lakukan. Sebagai hasil dari mengurangi tingkat stress, maka senyuman bisa menurunkan tekanan darah, mengatur gula darah, dan memperbaiki sistem pencernaan. Dari sini kita bisa melihat bahwa menjaga diri dari setress sangat penting untuk menjaga kesehatan kita.

  1. Tersenyum dapat menyebabkan tawa

Tak seorang pun tersenyum tanpa tertawa. Senyum selalu mengarah ke sebuah tawa. Sebuah penelitian kesehatan telah menunjukkan berbagai manfaat dari tertawa. Tertawa dapat membakar kalori, membantu mengatur aliran darah, menurunkan tingkat gula darah, mengurangi stress dan memperbaiki kualitas tidur kita. Tertawa juga dapat meningkatkan antibodi dalam tubuh kita yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Beberapa orang juga telah melakukan terapi tertawa dalam kelompok. Biasanya mereka akan berkumpul di satu tempat dan tertawa bersama sekeras mungkin untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Jadi inti dari uraian ini adalah tersenyumlah, maka anda akan lebih sering tertawa dan tentu saja akan memperoleh manfaat kesehatan dari tertawa.

  1. Tersenyum dapat membantu sistem kekebalan tubuh kita

Ketika anda tersenyum, anda akan merasa rileks.  Ketika anda merasa rileks maka akan membantu sistem kekebalan tubuh anda untuk bekerja dengan baik. Hal ini dapat membantu mencegah anda terkena masuk angin atau influenza. Tambahkan hal ini dalam kebiasan hidup sehat anda selain makan makanan sehat dan berolah raga secara teratur.

  1. Tersenyum dapat membantu kita selalu berpikir positif

Cobalah untuk berpikir sesuatu yang negatif dan tetap tersenyum. Sulit kan? Ketika kita tersenyum, tubuh dan pikiran kita mengatakan bahwa segala sesuatunya baik – baik saja dan tidak ada yang tidak beres. Hal ini akan membantu menghilangkan stress kita, mengurangi kesedihan dan depresi. Telah terbukti bahwa tetap positif dalam setiap situasi berkaitan dengan umur harapan hidup yang lebih panjang.

  1. Tersenyum dapat membuat anda tampak lebih muda

Cobalah untuk tersenyum sepanjang hari. Otot – otot yang digunakan untuk tersenyum akan mengangkat wajah anda, membuat anda terlihat lebih muda dan merasa lebih baik. Ingatlah untuk tersenyum secara alami karena akan memberikan efek terbaik untuk “mengangkat wajah” anda.

  1. Tersenyum dapat meredakan nyeri anda

Ketika kita tersenyum, tubuh kita melepaskan endorfin dan serotonin. Kedua zat kimia yang dapat membuat kita merasa lebih baik ini akan bekerja sebagai penghilang rasa sakit alami dalam tubuh kita, tidak hanya menghilangkan sakit secara fisik tetapi juga secara mental. Pikirkan tentang saat – saat anda merasa sedih, kemudian teman – teman anda datang dan menghibur anda, maka anda akan tersenyum dan tertawa. Hasil akhirnya, depresi anda akan berkurang dan rasa nyeri anda mereda.

  1. Tersenyum dapat menurunkan tekanan darah

Jika anda memiliki masalah darah tinggi, cobalah tes sederhana ini. Ambil tempat duduk yang nyaman kemudian ukur tekanan darah anda. Setelah  itu, tersenyumlah sebentar, ukur tekanan darah anda lagi. Anda akan melihat bahwa tekanan darah anda akan menunjukkan penurunan yang luar biasa. Tapi tentu saja, tersenyum bukanlah satu – satunya jawaban untuk masalah hipertensi. Hal ini harus disertai dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.

Bagaimana menampakkan senyum di wajah anda :

  • Ketika anda merasa enggan untuk tersenyum, paksa diri anda untuk melakukannya, hal ini mungkin akan mengarahkan anda kepada senyum tulus.
  • Luangkan waktu bersama teman dan keluarga, bicarakan tentang pengalaman anda hari ini. Hal ini memungkinkan anda untuk menemukan saat – saat bahagia selama percakapan berlangsung.
  • Tonton sebuah video lucu atau pertunjukkan komedi
  • Cari beberapa foto lama dan fokuslah pada saat – saat bahagia.
  • Amati lingkungan sekitar anda, mungkin anda akan menemukan beberapa hal menarik yang membuat anda tersenyum.
  • Membaca beberapa cerita lucu atau komik, atau jika anda terlalu malas untuk membacanya maka lihatlah gambar lucu yang anda temukan di dalamnya.

Akhirnya, jaga kesehatan optimal anda dengan menampilkan senyum tulus anda. Jadi, tersenyumlah !

 
 

Tahukah Anda ?

  • Sebuah senyuman tulus dikenal sebagai “senyum Duchenne”, ini diambil dari nama seorang dokter berkebangsaan Perancis bernama Guillane Duchenn. Yang termasuk dalam jenis ini adalah senyuman yang menyebabkan kerutan di sekitar sudut mata.
  • Senyum sopan dikenal sebagai “senyum Pan America”, senyum jenis ini melibatkan peregangan mulut, tetapi tidak menggunakan mata.

(sumber : www.netdoctor.co.uk)

 

References:

Mann, Natasha. 2013. Benefits of Smiling. Available at: www.netdoctor.co.uk. Downloaded on February 24th, 2013

Telgemeier, Raina, et.al. 2010. Smile. Singapore: BSC Graphix

Walters, Jennipher. 2013. When You Smile, the World Smiles Back. Available at: www.sparklepeople.com. Downloaded on March 19th, 2013