Aplikasi Mobile (Android GAKY)

Menurut Wikipedia, pengertian aplikasi adalah program yang digunakan orang untuk melakukan sesuatu pada sistem komputer. Mobile dapat diartikan sebagai perpindahan yang mudah dari satu tempat ke tempat yang lain, misalnya telepon mobile berarti bahwa terminal telepon yang dapat berpindah dengan mudah dari satu tempat  ke tempat lain tanpa terjadi pemutusan atau terputusnya komunikasi. Sistem aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dapat digunakan walaupun pengguna berpindah dengan mudah dari satu tempat ketempat lain lain tanpa terjadipemutusan atau terputusnya komunikasi. Aplikasi ini dapat diakses melalui  perangkat nirkabel seperti pager,  seperti  telepon  seluler  dan  PDA.  Adapun  karakteristik  perangkat mobile yaitu:

  1. Ukuran  yang  kecil  :  Perangkat  mobile  memiliki  ukuran  yang  kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.
  1. Memory yang terbatas : Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk).
  2. Daya  proses  yang  terbatas  :  Sistem  mobile  tidaklah  setangguh  rekan mereka yaitu desktop.
  3. Mengkonsumsi  daya  yang  rendah  :  Perangkat  mobile  menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop.
  4. Kuat  dan  dapat  diandalkan  :  Karena  perangkat  mobile  selalu  dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturan- benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.
  5. Konektivitas yang terbatas : Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung.
  6. Masa hidup yang pendek : Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari mereka selalu menyala.

Lantas…apakah android itu?

Menurut Nasruddin Safaat ,2012 android adalah sebuah sistem operasi pada handphone yang bersifat terbuka dan berbasis pada sistem operasi Linux. Android bisa digunakan oleh setiap orang yang ingin menggunakannya pada perangkat mereka. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri yang akan digunakan untuk bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.   Kemudian   untuk   mengembangkan   Android,   dibentuklah   Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T- Mobile, dan Nvidia. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

 Kelebihan Android

  1. Multitasking   –   Kalau   anda   pernah   merasakan   keunggulan   dari Symbian yang bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus, begitu juga Android  yang  mampu  membuka  beberapa  aplikasi  sekaligus  tanpa harus menutup salah satunya.
  2. Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip,  sehingga  Anda  tidak  akan  terlewatkan  satu  SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
  3. Akses  Mudah  terhadap  Ribuan  Aplikasi  Android  lewat   Google Android App Market –  Kalau Anda gemar install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk Anda download di ponsel Android.
  4. Pilihan Ponsel yang beranekaragam – Bicara ponsel Android, akan terasa „beda‟ dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC, Lenovo, LG, Apple sampai Samsung. Bahkan tidak pula ketinggalan vendor vendor lokal yang tidak kalah dengan ponsel branded.

Nah … sekarang kita beralih topik, apa kaitan aplikasi mobile berbasis android dengan GAKY?

GAKY ( Gangguan Akibat Kekurangan Yodium) merupakan salah satu masalah yang serius di Indonesia dan diketahui mempunyai kaitan erat dengan gangguan perkembangan mental dan kecerdasan.  Sebagai Ahli Gizi, perlu untuk mengetahui mengapa GAKY bisa terjadi ? Bagaimana prosesnya? Bagaimana mengetahuinya pembesaran kelenjar gondok? Bagaimana klasifikasi pembesaran kelenjar gondok? Bagaimana pula penanggulangan GAKY? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang mungkin timbul. Berdasarkan hal tersebut, kami selaku Ahli Gizi di Poltekkes Kemenkes Malang Jurusan Gizi, mencoba menterjemahkannya kedalam program aplikasi mobile berbasis android. Aplikasi ini gratis dan dapat di download serta disebarluaskan bagi yang membutuhkan.

 

Berikut adalah screenshot dari apllikasi android”GAKY”

APLIKASI ANDROID “GAKY” DAPAT DI DOWNLOAD DISINI

 

Cara Instal aplikasi GAKY.apk

  1. Unzip / Extract gaky.zip
  2. Download file GAKY.apk
  3. Simpan ke Memory Ekternal di Ponsel (bisa melalui bluetooth dari PC ke Ponsel, atau melalui kabel data)
  4. Dari ponsel, cari file manager atau open manager dan sejenisnya, buka ke tempat file GAKY.apk tersimpan di ponsel.
  5. Klik atau pilih file GAKY.apk tersebut untuk menginstall.
  6. Ikuti Petunjuk langkah langkah yang tertera.

 

Spesifikasi ponsel Android yang diperlukan :

Minimum Android ICS, akan lebih baik jika Jelly Bean

RAM Minimun 512, akan lebih baik jika 1 Gb

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Departemen Gizi dan kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. 2007. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Nasruddin Safaat, 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC. Informatika. Jakarta

Tabloid Pulsa, 2013, Cara Instal Aplikasi Android, online http://www.tabloidpulsa.co.id/tips-and-apps/3594-5-cara-instal-aplikasi-android, diakses tanggal 25 Agustus 2013

Wicak Hidayat, 2013, Kelebihan Android, online http://tekno.kompas.com/read/2013/08/12/1111068/ Kelebihan Android, diakses tanggal 25 Agustus 2013.