Cinta Akan Menyembuhkan Anda

Seorang penulis lagu menuliskan "Cinta akan membuat kita hidup ......". Ini mungkin terdengar berlebihan, tapi jika kita melihatnya dari sudut pandang kesehatan, mungkin saja hal ini benar. Anda tahu mengapa? Mari kita lihat penjelasan di bawah ini:

1. Cinta dapat menurunkan tekanan darah

Ketika Anda sedang bersama seseorang yang Anda cintai, kadang-kadang Anda merasa “ringan”. Hal ini mungkin disebabkan karena penurunan tekanan darah Anda. Sebuah studi menjelaskan bahwa ketika kita sedang bersama dengan seseorang yang kita cintai, terjadi penurunan tekanan darah, walaupun hanya sedikit. Brooke Gump, psikolog, mengatakan "penurunan itu tidak dalam jumlah besar, tapi itu penting".

2. Cinta dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sebuah studi telah dilakukan untuk melihat efek dari cinta kepada sistem kekebalan tubuh kita. Beberapa pasangan diamati ketika mereka bertikai. Hal ini menunjukkan bahwa pasangan yang terlibat dalam resolusi konflik yang positif cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Ketika pasangan bertikai dengan cara yang negatif, penelitian menunjukkan beberapa penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh secara langsung. Sementara itu, mereka yang bertikai dengan cara yang lebih positif menunjukkan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

3. Cinta dapat meningkatkan kesehatan jantung

Manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial, sehingga mereka memiliki naluri untuk menemukan pasangan dan membina hubungan. Ketika mereka tidak bisa memilikinya, mereka akan tertekan. Mereka yang tertekan akan mengalami stres lebih berat dari pada mereka yang telah menemukan pasangannya dan hidup berbahagia. Perasaan bahagia akan meningkatkan kesehatan jantung. Bagi mereka yang tidak dalam keadaan stabil, hubungan berkomitmen dapat meningkatkan angka kejadian serangan jantung.

4. Cinta dapat membantu Anda hidup lebih lama

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada tahun 2004, telah ditemukan bahwa tingkat kematian terendah terjadi pada pasangan yang sudah menikah. Hal ini dapat berasal dari fakta bahwa orang-orang yang berada dalam hubungan yang sehat dan bahagia akan mengalami lebih sedikit stres. Tingkat stress yang rendah bisa berarti tingkat kesehatan yang lebih baik. Kesehatan yang lebih baik akan memberi Anda kesempatan yang lebih besar untuk hidup lebih lama. Selain itu, beberapa orang mungkin meninggalkan kebiasaan buruk mereka untuk orang-orang yang mereka cintai, seperti merokok, hal ini tentu saja mengarah pada kesehatan yang lebih baik dan umur panjang.

5. Cinta dapat membuat cantik

"Ketika kehidupan cinta kita baik, tingkat stres kita lebih rendah," kata Genaise Gerstner, seorang dermatolog di New York. Ketika hal ini terjadi, produksi kortisol akan turun, dimana pada tingkat tinggi kortisol ini akan menyebabkan jerawat. Hasil akhirnya, kulit Anda akan sehat dan tidak berjerawat. Kita pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa "Ada cahaya di wajah Anda ketika Anda sedang jatuh cinta", menjadi kenyataan!

6. Cinta dapat meningkatkan kesehatan mental

Jatuh cinta membuat kita bersemangat, namun terbukti bahwa hal ini tidak hanya di angan saja. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ada juga efek gembira pada otak kita. Dalam satu studi, beberapa subjek diminta untuk melihat foto-foto orang yang benar-benar mereka cintai. Ketika mereka melihat foto-foto itu, ada peningkatan aktivitas otak yang menghasilkan dopamin, dopamin berkaitan dengan optimisme, energi dan rasa nyaman. Kesimpulannya adalah, penyebab peningkatan dopamin karena jatuh cinta dapat memberikan energi dan optimisme yang sangat besar.

7. Cinta dapat mengurangi rasa nyeri

Ketika Anda sedang merasa sakit, seperti ketika Anda baru saja terkilir pada pergelangan kaki, memegang tangan seseorang - khususnya yang Anda cintai - dapat mengurangi rasa sakit Anda. Sebuah penelitian dilakukan dengan mengamati beberapa orang yang mendapat sengatan listrik dan menemukan bahwa memegang tangan seseorang dapat mengurangi rasa sakit. Ini bahkan lebih signifikan terjadi pada subyek perempuan - yang dalam pernikahan bahagia - saat mereka memegang tangan suami mereka.

Seperti yang Anda lihat, banyak bukti yang telah menunjukkan bahwa cinta bisa membawa kebahagiaan, perasaan santai, dan kenyamanan, yang pada akhirnya akan membuat Anda menjadi lebih sehat. Jadi, cintailah diri sendiri, cintailah orang lain, maka itu berarti Anda juga mencintai hidup Anda!

References:

Palazzolo, Rose. 2013. Studies: Love is Good for Your Heart. Available at: http://abcnews.go.com/Health/story. Downloaded on: September 24th, 2013.

______________.       2013. Surprising Health Benefits that Come with Being iLove. Available at: http://www.mnn.com/health/fitness-well-being/stories/8-surprising-health-benefits-that-come-with-being-in-love. Downloaded on September 24th, 2013