Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Jeruk mengandung beragam zat gizi dan non gizi yang bermanfaat dalam mencegah maupun mengobati berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan. Ada banyak jeruk lokal yang selama ini sudah kita kenal. Jeruk besar yang popular adalah jeruk bali yang dihasilkan dari Pulau Bali, meskipun ada juga jeruk nimbangan yang berasal dari Madiun, Jawa Timur. Jeruk keprok pun beragam diantaranya yaitu jeruk keprok medan, keprok pontianak, keprok punten. Dalam beragam buah jeruk tersebut tersimpan berbagai macam zat yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Seperti inositol, yang bekerja menenangkan syaraf dan otot sehingga dapat mengatasi sulit tidur.

Data, epidemiologis dan data hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah jeruk bersifat protektif terhadap penyakit degeneratif, terutama kanker. Jeruk manis, jeruk nipis, dan sejenisnya yang merupakan sumber yang baik dari vitamin C, asam folat, dan serat pangan (dietary fiber), diduga juga mengandung zat lain yang aktif untuk mencegah kanker. Selain itu, zat flavonoida dalam buah jeruk seperti nobiletin, tangretin, dan lain-lain dapat berperan mencegah kanker melalui berbagai mekanisme. Aktivitas ini meliputi kemampuannya untuk meningkatkan enzim dalam hati yang memengaruhi metabolisme karsinogen seperti benzopyrene, mencegah terjadinya proses oksidasi, menangkal radikal bebas (molekul tak stabil karena kehilangan electron). Beberapa di antara radikal bebas itu bersifat toksik dan sangat reaktif. Pemakaian vitamin C sebagai salah satu antioksidan alami secara luas dianjurkan dalam mengobati dan mendetoksifikasi (mengurangi sifat racun) keadaan tersebut.

Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C mempunyai hubungan dengan metabolisme kolesterol. Peran vitamin C dalam metabolisme kolesterol adalah melalui cara berikut : 1) vitamin C meningkatkan laju kolesterol dibuang dalam bentuk asam empedu, 2) vitamin C meningkatkan kadar HDL, dan tingginya HDL ini berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung koroner, dan 3) vitamin C dapat berfungsi sebagai pencahar sehingga meningkatkan pembuangan kotoran. Hal ini akan menurunkan pengabsorpsian kembali asam empedu dan konversinya menjadi kolesterol. Penelitian klinis menunjukkan bahwa vitamin C menurunkan kolesterol dan trigliserida pada orang yang mempunyai kadar tinngi, tetapi tidak pada orang-orang normal. Ini berarti vitamin C berperan sebagai homeostatis untuk mencapai keseimbangan. Konsumsi vitamin C  1 g sehari setelah tiga bulan akan menurunkan kolesterol 10 % dan trigliserida 40 %. Selain itu, peran vitamin C dalam pembentukan kolagen merupakan faktor positif untuk mencegah serangan penyakit jantung. Penelitian oleh Verlangieri menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C menyebabkan kerusakan susunan sel arteri sehingga dapat terisi kolesterol dan menyebabkan arterosklerosis. Sehingga vitamin C memegang peranan penting dalam mencegah arteriosclerosis.

Ekstrak jeruk bali mengandung antibakteri dan antioksidan yang bisa menenangkan system getah perut untuk membantu proses penyembuhan. Para peneliti pun menyarankan agar para penderita tukak lambung memasukkan jeruk ke dalam diet mereka meski secara alamiah mengandung asam. Ekstarknya diyakini mengurangi kadar enzim COX-1 dan COX-2 yang ada dalam obat-obatan. Para peneliti yakin ekstrak jeruk bali mampu menyatu dengan kedua enzim itu dalam proses penyembuhan lambung. Selain itu jeruk jeruk juga baik untuk kesehatan gusi karena kadar vitamin C-nya tinggi. Manfaat lain jeruk bali yakni membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan hematokrit (persentase sel darah per volume darah).

Begitu banyak manfaat jeruk bagi tubuh kita baik dalam mencegah maupun mengobati berbagai penyakit dan juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita. Di dalam buah jeruk terdapat berbagai zat seperti vitamin C, inositol, asam folat, serat pangan dan lain-lain yang semuanya mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Beberapa manfaat jeruk bagi tunbuh kita yaitu mengatasi sulit tidur, mencegah kanker, mencegah serangan jantung, menurunkan kolesterol, menagkal radikal bebas, dan sebagai system imunitas. Jadi, konsumsilah buah-buahan setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh terutama buah jeruk yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

DAFTAR PUSTAKA :

Silalahi, Jensen. Makanan Fungsional. Yogyakarta : Kanisius, 2006.

Khomsan, Ali, Prof. Dr. Ir., Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. Jakarta : Rajagrafindo, 2003.

Apriadji, Wied Harry. Good Mood Food. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2007.