Manual Book Remunerasi Tenaga Kependidikan

Internet Jadi Andalan Mahasiswa Cari Beasiswa

YOGYAKARTA - Saat ini, ketersediaan informasi di perguruan tinggi mengenai berbagai beasiswa luar negeri masih minim.

Kepala Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Sugeng Riyanto, SIP, M.Si., menyatakan, kebanyakan mahasiswa UMY yang melanjutkan pendidikan mereka di luar negeri mengandalkan internet untuk mencari ionformasi jenis beasiswa yang tersedia untuk mereka. Padahal, informasi tersebut seharusnya dapat diperoleh sedini mungkin sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri lebih matang.
  
“Kami ingin memberikan informasi itu kepada mahasiswa. Itulah tujuan kunjungan dan promosi pendidikan dari Taiwan ini”, ungkap Sugeng usai menerima kunjungan dan promosi pendidikan Southern Taiwan University (STUT) di UMY, baru-baru ini.

STUT merupakan Universitas Teknik dan Kejuruan dengan peringkat terbaik dalam akreditasi yang dilakukan Departemen Pendidikan Taiwan pada 2009. Kunjungan STUT ke UMY dilakukan di sela penyelenggaraan Taiwan Education Fairs di Yogyakarta yang menghadirkan sekira 20 perguruan tinggi Taiwan. Sugeng berharap, kunjungan ini dapat membuka cakrawala mahasiswa tentang kesempatan menempuh studi lanjutan di luar negeri.

Koordinator Divisi Student Affairs, Office of International Affairs STUT, Betsy Wen menjelaskan, kunjungan perdana ini memperkenalkan program-program pendidikan lanjutan di STUT kepada mahasiswa UMY, di antaranya program Mechanical Engineering dan International Master of Bussiness Administration.

Sugeng berharap, silaturahim ini dapat berlanjut, bahkan hingga kerja sama yang lebih menguntungkan antaruniversitas.