Penandatanganan MoU Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang - SEAMEO RCCN UI

Pada awal tahun 2011 ini telah terjalin kerjasama antara Poltekkes Kemenkes Malang dengan SEAMEO RECFON  untuk kurun waktu tiga tahun. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU tertanggal 1 Februari 2011 oleh B. Doddy Riyadi, SKM, MM  selaku Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang dan Dr. Ratna Sitompul, MD., SpM(K) selaku Deputy Director for Program of SEAMEO TROPMED RCCN-UI. Bidang kerjasama yang disepakati mencakup kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu berkaitan dengan  pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. 
 
Dengan ditandatanganinya MoU tersebut diharapkan kerja sama yang selama ini telah terjalin dapat lebih ditingkatkan mutunya. Bentuk kegiatan yang telah dilakukan antara Poltekkes Kemenkes Malang dengan SEAMEO RCCN UI dalam beberapa tahun terakhir berupa kegiatan penelitian bertajuk "Nutrition Security and Food Security in Seven districts in NTT Province, Indonesia: Status, Causes and Recommendations for Response" tahun 2009. Selain itu sejak 2003 kedua institusi telah aktif melakukan kerja sama dalam pelatihan Food Safety and HACCP for Nutritionists. Short Course ini menggunakan kurikulum Food Safety dari WHO-ICD. Kegiatan tersebut dilakukan di Malang dan di kota lain seperti Ternate dan Kupang. Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Ambon dan Gorontalo yang melakukan praktek kerja lapangan di Malang juga telah mendapatkan pelatihan tersebut.
 
Bentuk kegiatan lain yang dilakukan adalah pemberian beasiswa bagi dosen Poltekkes Kemenkes Malang untuk mengikuti kursus regional di SEAMEO RECFON. Beberapa diantaranya adalah Nutrition Anthropology, South East Asian Nutrition Leadership Program(SEA NLP), Food Safety dan Training of The Trainer for Food Safety HACCP. (Sugeng Iwan/Yohanes)