Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang.

Poltekkes Kemenkes Malang hari ini, Selasa,  26 Juni 2012, mengadakan pelatihan penulisan artikel jurnal kesehatan yang diadakan di Audiotirum Poltekkes Kemenkes Malang Jl.Ijen 77 C Malang. Kegiatan   ini diikuti oleh sebanyak 80 orang peserta yang merupakan dosen maupun calon dosen yang berasal dari Malang, Lawang, Jember, dan Kediri. Bahasan-bahasan dalam kegiatan pelatihan ini berkaitan dengan  materi artikel dan teknik penulisannya, pengelolaan jurnal, gaya selingkung dan penggunaan Adobe Pagemaker sebagai program bantu pengolahan artikel.

Acara di buka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Doddy Riyadi, SKM, MM dilanjutkan dengan arahan Pudir I, Budi Susatia, SKp., M.Kes. Sebelum sambutan & pembukaan oleh direktur tersebut,  sebelumnya didahului oleh sambutan Ketua Panitia, Sugeng Iwan, STP, M.Kes.

Dalam sambutan dan laporannya, Sugeng Iwan selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah adanya kebijakan terhadap  jurnal ilmiah dan standar mutu berupa akreditasi jurnal. Selain itu pada Bulan Mei 2012 ditentukan target jumlah halaman ditingkatkan menjadi  300 – 500 halaman. Dengan Kegiatan ini diharapkan ” ...agar kita menghasilkan artikel yang berkualitas baik format maupun substansi...”  Imbuhnya.

Sementara itu dalam arahan Direktur menyatakan akan pentingnya kegiatan pelatihan ini,  dengan memaparkan pandangan bahwa pengetahuan harus di update terus oleh profesi yang bernama ’dosen’. ” Setelah kegiatan ini selesai diikuti dosen agar menularkan pengetahuan dan ketrampilan ini kepada yang lain..”. Selain itu disampaikan bahwa dosen merupakan profesi yang paling  elit di antara 2 profesi lain yaitu peneliti dan  widya iswara. Mengapa disebut paling elit? Karena 2 profesi yang lain belum disertifikasi, sedangkan dosen sudah dilakukan sertifikasi. Dosen, sebagai bagian dari masyarakat ilmiah, memperoleh keutamaan dalam prioritas sertifikasi. Karena itu dosen harus menunjukkan baktinya antara lain dengan cara menulis. Semakin bahyak menulis maka berarti dosen semakin banyak berbakti. Demikian disampaikan oleh orang nomor 1 di Poltekkes Kemenkes Malang tersebut.

Acara seremonial pembukaan dan sambutan kemudian dilanjutkan dengan masuk ke materi inti yang disampaikan oleh Dr. Hadi Imam Bagus, M.Pd, dari Universitas Negeri Malang,   tentang artikel dan teknik penulisan artikel. Dalam paparannya pembicara menyampaikan tentang artikel penelitian dan artikel non penelitian, perbedaan dan persamaannya serta cara penulisannya dan lain-lain. Dia menambahkan bahwa : ”...artikel penelitian bukanlah miniatur (laporan, red) penelitian, tapi menonjolkan hasil tertentu berangkat dari temuan dan laporan  penelitian."

Selanjutnya acara disambung dengan pembicara Endang Sutjiati, yang merupakan Ketua Tim Penyunting Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang. Endang dalam paparannya banyak menyampaikan tentang aspek-aspek kepengelolaan suatu jurnal  penelitian.  Di dalamnya disinggung tentang mekanisme pengajuan ISBN, prosedur pemuatan artikel, pertimbangan artikel di muat, dan aspek-aspek lain  yang penting diketahui oleh seorang pengelola, dan beberapa topik penting lainnya.

Materi terakhir adalah penggunaan program Adobe @ Page Maker yang dibawakan oleh Sugeng dan anggota timnya dari  Univesitas Negeri Malang Press. Materi akhir ini mengajak peserta menjelajahi fitur-fitur yang disediakan oleh Adobe Page Maker. Peserta diajarkan step-by-step mulai instalasi program ke dalam komputer sampai penggunaannya terhadap suatu naskah artikel. 

Attik salah seorang panitia menambahkan bahwa kegiatan ini penting dilakukan mengingat selama ini pihak pengelola jurnal sering menerima naskah artikel yang tidak sesuai dengan lay out -format, dan gaya selingkung yang diberlakukan di jurnal kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang sehingga memperlambat proses kerja dan pemuatannnya.  

Kegiatan berakhir sekitar jam 15.00.

 

(Reporter:zp)