Praktek Lapangan Sosiologi Keperawatan Dan Pengabdian Masyarakat Dosen Prodi D-3 Keperawatan Malang

Peningkatkan mutu lulusan pada Prodi D-3 Keperawatan Malang Jurusan Keperawatan dilakukan melalui proses belajar mengajar klasikal di kelas dan melalui program pembelajaran praktek lapangan atau kelas out door di masyarakat. Mata kuliah sosiologi keperawatan merupakan salah satu mata kuliah yang bersinggungan langsung dalam aplikasinya dengan masyarakat sehingga program praktek atau kuliah out door menjadi salah satu alternative dalam pengembangan proses pembelajaran. Pada hari kamis tanggal 6 desember prodi D-3 keperawatan malang menyelenggarakan kuliah out door atau praktek lapangan tersebut di Desa Sumber Sekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang yang diikuti oleh 37 mahasiswa Program Khusus D-3 Keperawatan dari rumah sakit Saiful Anwar  Malang dan di ketuai langsung kegiatan tersebut oleh penanggung jawab mata ajar Sosiologi Keperawatan Bapak H. Djoko Setyono, M.Kes. Model pendekatan pembelajaran ini memberikan gambaran langsung kondisi sebenarnya dari dinamika social, tradisi masyarakat dan proses interaksi social mahasiswa dengan masyarakat.

            Pelaksanaan praktik lapangan pada kali ini diselenggarakan terintegrasi dengan pengabdian masyarakat para Dosen Prodi D-3 Keperawatan Malang, sehingga dalam pelaksanaannya menjadi lebih fariatif selain proses pendataan yang dilakukan oleh mahasiswa melalui pendekatan sosiologi, juga dilakukan penyuluhan kesehatan pada aspek aplikasi psikososial kesehatan masyarakat di tingkat keluarga oleh para Dosen.

            Kegiatan praktik lapangan dan pengabdian masyarakat diawali dengan acara seremonial berupa  penerimaan mahasiswa dan Dosen di kantor Desa Sumber Sekar oleh kepala desa dan stafnya yang kemudian dilanjutkan kunjungan ke rumah warga melalui pendekatan home care, kegiatan wawancara dan diskusi masalah kesehatan, pemeriksaan kesehatan sederhana oleh mahasiswa dan penyuluhan kesehatan tentang aplikasi psikososial kesehatan masyarakat oleh para dosen..Partisipasi kepala desa, aparat desa dan warga cukup antusias dengan penyelenggaraan kegiatan ini. Harapan kepala desa senantiasa ada informasi terkini tentang perkembangan kesehatan masyarakat desanya.