Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Pada hari Rabu, 19 Juni 2013, Dosen Prodi Keperawatan Malang Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Auditorium Poltekkes Kemenkes Malang dengan tema Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dalam konteks penanganan Gawat Darurat, pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh para Dosen pada jenjang pendidikan tinggi adalah untuk memenuhi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diikuti oleh Para Dosen Prodi Keperawatan Malang, yang ketuai Ibu Ngesti W Utami S.Kp., M.Pd. dan dilaksanakan bersama oleh tim keperawatan medical bedah dan tim keperawatan jiwa.

Kegiatan para Dosen ini meliputi beberapa materi yaitu menajemen bantuan hidup dasar oleh Bapak Dr. Tri Johan, S.Kp., M.Kep., Prosedur bantuan hidup dasar disampaikan oleh Bapak Roni Yuliwar, S.Kep., Ns., M.Ked., Pertolongan kasus-kasus trauma di jelaskan oleh Bapak Sugianto Hadi, SKM., MPH., dan model penanganan kedaruratan Psikiatri (Histeria Massa atau Kesurupan Massa) oleh Bapak Ab Hanan, A.P.p., S.Kep., Ns., M.Kes. yang selanjutnya dilakukan simulasi dan praktikum bantuan hidup dasar dan penanganan kasus trauma.

Pengabdian masyarakat dihadiri oleh masing-masing dua siswa dan satu orang guru pendamping SMA dan SMK negeri maupun swasta se Kota Malang Raya. Antusias para siswa dan guru dalam setiap materi pelatihan menjadikan harapan yang besar bagi kepanjangan tangan pelayanan kesehatan di masyarakat.

Dikemukakan oleh beberapa guru dan siswa dalam diskusi apersepsi setelah pelaksanaan pelatihan dalam pengabdian masyarakat ini bahwa melalui kegiatan-kegiatan lintas sektoral dengan lembaga pendidikan kesehatan seperti ini menjadikan kontribusi yang sangat baik bagi masyarakat, utama dalam masyarakat pendidikan dalam berperan serta mengatasi masalah kegawadaruratan dan kecelakaan atau masalah trauma di masyarakat, juga meningkatkan ketrampilan para siswa dan guru sebagai kader KSR dalam memberikan layanan bagi masyarakatnya. 

Melalui pengabdian masyarakat secara aplikatif yang dilaksanakan oleh tim Dosen Prodi Keperawatan Malang diharapkan semakin terbentuk karakter-karakter siswa dan guru yang Excellent, Confidence, Tegas, Bijaksana, Kritis dalam memberikan pelayanan kegawadaruratan dan trauma bagi masyarakat.    (editor : AH)