Peringatan Hut Kemerdekaan Ri Ke-68

Diploma Iv Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang Melakukan Pengabdian Masyarakat

Bertepatan pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2013 Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan masyarakat tersebut meliputi  : Khitanan massal, Pemeriksaan kesehatan (Fisik dan Gula darah), Pengobatan dan Workshop perawatan luka terkini.

Tujuan kegiatan ini adalah Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan yang bermanfaat untuk : meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, memberikan kesempatan pada dosen melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat, pencapaian sasaran mutu Poltekkes Kemenkes Malang dan meningkatkan ilmu pengetahuan masyarakat khususnya tentang kesehatan

Pengabdian masyarakat dimulai setelah pelaksanaan upacara bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik  Indonesia tanggal 17 Agustus 2013 di Lapangan Poltekkes Kemesnkes Malang. Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan (fisik dan gula darah) dilaboratium klinik Jurusan Keperawatan dikunjungi 65 orang. Tenaga kesehatan yang disiapkan meliputi tenaga dokter dan perawat.

Foto kegiatan sunat masal

Foto Pemeriksaan Kesehatan Dan Pengobatan

Kegiatan khitanan dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang saat ini sedang menempuh pendidikan lanjutan jenjang D-IV dengan minat periorepatif, anak, jiwa dan DM – educator. Pelaksanaan khitanan dimulai pukul 08.30 sampai 11.00 dengan jumlah yang dikhitan sebanyak 15 anak bertempat di Laboratorium Jurusan Keperawatan Poltekkes malang.

foto khitanan masal

Kegiatan ketiga adalah Workshop perawatan luka terkini. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 70 orang terdiri dari mahasiswa 40 orang dan 30 undangan dari profesi serta undangan dari institusi lain. Pemateri Workshop perawatan luka terkini adalah berasal dari Nurse Training Center (NTC)-PPNI Qatar, yaitu Bapak Saifuloh dan Bapak Yudi Nugroho dari RSUD. Soebadi Jember.

foto workshop perawatan luka terkini

“Tema Workshop : perawatan luka terkini merupakan sebuah upaya Poltekkes Kemenkes Malang dalam mengikuti perkembangan teknologi kesehatan agar mahasiswa mendapatkan informasi yang up to date sehingga lulusan mampu mengikuti perkembangan dan kebutuhan masyarakat”, demikian arahan Bapak Doddy Riyadi, SKM, MM (Direktur Poltekkes Kemenkes Malang) dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan pengabmas. Lebih lanjut dijelaskan bahwa : “Upaya mengikuti perkembangan teknologi kesehatan melalui workshop ilmu kesehatan terkini diharapkan terus dikembangkan dan diperluas guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang pula”. Selain pemilihan materi workshop yang menarik dan membahas ilmu kesehatan terkini, kegiatan workshop ini juga mendatangkan pemateri yang bekerja di luar dan dalam negeri sehingga mampu menambah pengetahuan, wawasan dan motivasi kepada mahasiswa, seperti yang disampaikan salah satu peserta  Andy Dwi Prastyo : “Kegiatan seperti ini harapannya lebih sering dilakukan karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa, memotivasi mahasiswa dan lulusan untuk lebih giat belajar serta menambah wawasan peluang kerja sehingga tidak hanya di dalam negeri tetapi juga keluar negeri”. (Jokowi/Humas Poltekkes Kemenkes Malang)