Capping Day Prodi Keperawatan Malang Tahun 2013

Prodi Keperawatan Malang Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan kegiatan Capping Day yang dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2013 di Auditorium Poltekkes Kemenkes Malang.  Capping Day ini sebagai simbul bahwa mahasiswa siap untuk diterjunkan ke masyarakat dalam rangka praktek keperawatan atau siap melaksanakan asuhan keperawatan, baik di rumah sakit maupun Puskesmas, mulai semester III.

Peserta Capping Day sebanyak 117 orang mahasiswa putra dan putri. Kegiatan ini dihadiri oleh orang tua/wali orang tua, undangan dari lintas program dan lintas sektor terkait sebanyak 400 undangan.

Dalam kegiatan tersebut juga diumumkan peserta yang memiliki nilai tertinggi, yaitu :

1. Naning Hikmatul Isro  dengan IP : 3,81

2. Triyana Ramadani dengan IP : 3,76

3. Anisa Walidastus soliksh dan Intan Riski Andi dengan IP : 3,74

Direktur Poltekkes Kemenkes Malang yang diwakili oleh Bapak Budi Susatia, SKp, M.Kes selaku Pudir I, dalam arahannya menyampaikan : “Petugas kesehatan harus memenuhi KKNI agar diakui oleh pasar global, untuk itu agar lulusan memenuhi standar tersebut maka harus dilakukan proses pembelajaran yang memberi pengalaman yang baik dilapangan”. “Capping Day diadakan merupakan langkah awal dalam proses pembelajaran lapangan dimana peserta didik akan belajar merawat langsung pada pasien sehingga tepat sekali untuk memulai pembelajaran di lahan praktek dengan mengucapkan janji melalui Capping Day ini” demikian Pak Budi Susatia mengakhiri arahannya.

Capping Day dimulai dengan prosesi penyematan Cap/name tag dilanjutkan dengan penjelasan makna penyematan cap yaitu sebagai pelantikan para mahasiswa sebagai tanda telah siapnya mhasiswa untuk belajar menangani pasien dengan pendekatan asuhan Keperawatan, sebagai  bentuk pemberian layanan ke pasien secara profesional.

Kegiatan ini sangat bermanfaat, seperti disampaikan oleh  Ibu  Ngesti W  Utami Kaprodi D-3 Keperawatan Malang : “Kegiatan ini dilakukan sebelum kegiatan pembelajaran di Rumah Sakit diawali  komitmen dan janji untuk bersungguh2 memberikan bantuan profesional dalam bentuk kegiatan pelantikan”. Lebih lanjut mahasiswa sebagai subyek dalam pembelajaran menganggap sangat penting kegiatan ini, berikut ini penuturan Naning Hikmatul Isro mahasiswa tingkat II a : “Capping Day perlu diadakan karena sebelum mahasiswa melakukan pembelajaran yang bersentuhan langsung dengan pasien maka perlu diadakan penetapan hati untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan asuhan keperawatan pada pasien dengan mengucapkan janji melalui kegiatan “Capping Day”.(Jokowi/Humas Poltekkes Kemenkes Malang).