Potensi, Kompetisi dan Kesempatan Kerja Perawat Indonesia

Ada yang menarik di kampus II Poltekkes Kemenkes Malang hari ini, Jum’at 29 Nopember 2013. Mahasiswa tidak masuk kelas sebagaimana biasa, tetapi mereka masuk Aula kampus untuk mengikuti kuliah tamu yang diadakan oleh Jurusan Keperawatan.  Kuliah tamu dimulai pukul 08.00 tepat. Pembicara kuliah tamu bernama Syaifoel Hardy, CEO Indonesian Nursing Trainers  yang sudah lama bekerja di Kuwait, Qatar dan Dubai  dan banyak meraih penghargaan dalam dan luar negeri. Beberapa penghargaan terakhir yang beliau raih antara lain Diaspora Award Winner, Llos Angeles (2012), Life Achievement Award, PPNI Qatar  (2012) dan Al Hasbah Award, Qatar Petroleum (2012)

Kuliah tamu yang mengangkat tema “Potency, Competency and Job Oportunity” bertujuan untuk memberikan wawasan bagi mahasiswa keperawatan agar dapat sukses bekerja sebagai perawat baik di dalam lebih-lebih diluar negeri yang sangat kompetitif daya saingnya. Perkuliahan ini sangat menarik bagi mahasiswa, selain karena topik perkuliahan yang banyak berhubungan dengan jiwa entreprenership dan dunia kerja, pembicara juga begitu piawai dalam penyampaian materi kuliah, bahkan ditengah-tengah perkuliahan para audien diajak untuk bernyanyi. Menggabungkan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris selama perkuliahan, Bapak yang mendapat banyak penghargaan baik dalam dan luar negeri ini sering mendapatkan applaus dari para mahasiswa. Beberapa pertanyaan diajukan oleh mahasiswa mengakhiri presentasi  yang sudah berlangsung lebih dari 2 jam.

Kuliah tamu dengan mendatangkan pakar seperti ini sudah dilakukan secara rutin tiap tahun oleh jurusan keperawatan, dikampus II Poltekkes Kemenkes setidaknya dalam 3 bulan terakhir, sudah ada 2 kali kuliah tamu yang mendatangkan alumni jurusan keperawatan yang bekerja di luar negeri. Setelah memberikan kuliah tamu di kampus II, direncanakan kuliah yang sama akan dilakukan di kampus pusat (Program Studi D-III & D-IV Keperawatan Malang) pada jam 13.00 dan dikampus III (program studi D-III Keperawatan Blitar) hari selasa, 3 Desember 2013.

Kontributor : Arief Bachtiar, S.Kep., Ns, M.Kep (Prodi D-IV Keperawatan Lawang)