Jalan Sehat Prodi Lawang

Sehat merupakan sesuatu yang sangat berharga dan penting bagi setiap orang, tapi terkadang orang mengabaikan kesehatan tubuhnya sendiri. Padahal kesehatan adalah prioritas utama dalam kehidupan. Untuk menjaga kesehatan tidak selalu dilakukan dengan biaya yang mahal misal fitnes, gym. Banyak hal yang dapat dilakukan seperti jalan 1000 langkah setiap hari, merupakan hal murah dan mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Melihat pentingnya arti kesehatan, maka Himpunan Mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan Lawang menyelenggarakan aksi gerak jalan sehat dengan sasaran siswa-siswi SMA beserta warga umum se-Kecamatan Lawang dengan Tema “Healthy Happy Valentine with Thousand Steps”.

Acara ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan wadah bagi masyarakat umum, untuk meningkatkan kesehatan dengan aksi gerak jalan 1000 langkah sekaligus memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan materi yang telah didapat di bangku kuliah seperti tes gula darah, asam urat, kolestrol, dan mengukur tekanan darah. Bukan hanya itu, acara ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan melatih Soft Skill mahasiswa dalam berorganisasi dan membentuk solidaritas untuk mempererat tali persaudaraan antara mahasiswa, dosen, karyawan, alumni Kampus II dan masyarakat sekitar kampus.

Panitia jalan sehat ini telah dibagi menjadi beberapa Sie antara lain: Sie Penanggung Jawab acara adalah Kaprodi DIII Keperawatan Lawang (Bu Nurul Pujiastuti)  dan Pelaksana Administrasi Kemahasiswaan Jurusan (Bp. Soepono). Ketuanya adalah PTAK Prodi DIII Keperawatan Lawang (Bu Ririn Anantasari) dibantu oleh Sekretaris, Bendahara, Sie Acara, Sie Perlengkapan, Sie Humas, Sie Dekdok, Sie Konsumsi, Sie Keamanan, dan Sie Kesehatan yang dikoordinatori dan beranggotakan Dosen dan Ormawa DIII Keperawatan Lawang. Suksesnya acara ini menunjukan kekompakan dari para warga Kampus II dengan Mahasiswa DIII Keperawatan Lawang serta alumni.

Jalan sehat (“Uklam Tahes”) digelar pada hari minggu, tgl 16 Februari 2014 dimulai pada pukul 06.00 WIB, dibuka dengan sambutan dari Pelaksana Administrasi Kemahasiswaan Jurusan dan sambutan dari Kepala Desa Sumber Porong (Bp. Purwo Haryanto), kemudian diberangkatkan oleh Kaprodi DIII Keperawatan Lawang dan PTAK Prodi DIII Keperawatan Lawang. Pada acara jalan sehat ini, kami menampilkan band dan dance dari beberapa SMA di Kecamatan Lawang serta dari Mahasiswa Keperawatan Lawang sendiri, kami juga menyediakan hadiah-hadiah yang menarik dan stan bazar, dimulai dari makanan hingga pakaian yang menjadi bisnis dari salah satu alumni Keperawatan Lawang. Tidak kalah pentingnya, hal yang membuat warga berminat adalah adanya pemeriksaan kesehatan gratis yaitu mengukur tekanan darah, cek gula darah, asam urat, kolesterol untuk peserta jalan sehat yang dilakukan oleh mahasiswa DIII Keperawatan Lawang. Acara ini begitu menarik perhatian masyarakat hingga berjalan begitu meriah dengan ratusan peserta mulai dari anak-anak sampai dengan kakek dan nenek, hingga memenuhi halaman kampus II Poltekkes Kemenkes Malang. Dengan adanya acara jalan sehat ini, kami berharap masyarakat lebih mengenal institusi kami, yaitu Kampus II Poltekkes Kemenkes Malang serta menjalin silaturahim dengan warga desa wilayah kerja Kecamatan Lawang (Bunda, Veby)