Pengabmas Hmp & Dosen Prodi D-Iii Keperawatan Lawang

Kesehatan adalah prioritas utama dalam kehidupan. Meskipun seseorang tersebut kaya raya, tapi apalah artinya bila sakit-sakitan. Sehat merupakan sesuatu yang sangat berharga dan penting bagi setiap orang, tapi terkadang orang mengabaikan kesehatan tubuhnya sendiri. Anak usia Sekolah Dasar (SD) yaitu usia 6-12 tahun perlu diberikan motivasi agar selalu membiasakan diri mereka untuk berperilaku sehat. Misalnya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah BAK/BAB serta menyikat gigi dengan benar. Untuk menanamkan motivasi tersebut mahasiswa Prodi D-III Keperawatan Lawang yang terhimpun dalam HMP (Himpunan Mahasiswa Prodi) menyelenggarakan Pengabmas bersama para dosen dengan sasaran anak    SDN II Sumber Ngepoh kelas 1-3, yang bertemakan tentang “Membudayakan Hidup Sehat Sejak Dini”.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengetahuan, wawasan serta memotivasi anak untuk membiasakan perilaku hidup sehat dengan melakukan 6 (enam) langkah cuci tangan yang benar serta cara menggosok gigi yang tepat, sekaligus memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan materi yang telah didapat di bangku kuliah seperti melakukan komunikasi dan pendekatan yang baik pada anak usia SD, meningkatkan softskill mahasiswa untuk melatih berkoordinasi dengan SDN II Sumber Ngepoh serta melatih melakukan promosi kesehatan di lingkungan sekolah.

Panitia Pengabmas HMP ini telah dibagi menjadi beberapa Sie antara lain: Sie Penanggung Jawab adalah Kaprodi DIII Keperawatan Lawang (Bu Nurul Pujiastuti). Ketuanya adalah PTAK Prodi DIII Keperawatan Lawang (Bu Ririn Anantasari) dibantu oleh Sekretaris, Bendahara, Sie Acara, Sie Perlengkapan, Sie Humas, Sie Dekdok, Sie Konsumsi, yang dikoordinatori dan beranggotakan Dosen dan Mahasiswa D-III Keperawatan Lawang. Suksesnya kegiatan pengabmas ini menunjukan adanya kerjasama yang baik antara mahasiswa dan dosen.

Pengabmas dengan tema “Membudayakan Hidup Sehat Sejak Dini” dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 12 April 2014 mulai pukul 07.30 sampai 11.00 WIB. Dibuka dengan sambutan dari Kepala SDN II Sumber Ngepoh, dilanjutkan dengan pembentukan kelompok yang beranggotakan mahasiswa dan dosen. Terbagi dalam 3 (tiga) kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 2-3 dosen dan 5-6 mahasiswa. Tiap kelompok melaksanakan penyuluhan tentang 6 (enam) langkah cuci tangan dan menggosok gigi yang tepat. Kemudian dilanjutkan melakukan praktek cuci tangan dan menggosok gigi dibawah air  mengalir yang telah dipersiapkan oleh sie perlengkapan. Kegiatan tersebut dilakukan anak-anak dengan riang gembira sambil bernyanyi “Rek Ayo Rek” versi untuk 6 (enam) langkah cuci tangan. Dengan adanya kegiatan pengabmas ini, diharapkan anak-anak terbiasa melakukan perilaku hidup sehat yang telah diajarkan dan pihak sekolah juga selalu memberikan motivasi pada anak-anak untuk agar terus melakukannya di sekolah dan di rumah.

 

Penulis: Nurul Pujiastuti, S.Kep, Ns, M.Kes