LAKIP 2013

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Poltekkes Kemenkes Malang tahun 2013 adalah sebagai bentuk pertangung jawaban atas kinerja Poltekkes Kemenkes Malang selama tahun anggaran 2013. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2010 Tanggal 31 Januari 2010 tentang pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Penyusunan LAKIP Poltekkes Kemenkes Malang juga dimaksudkan sebagai perwujudan prinsip transparansi dan akuntabilitas, yang merupakan pilar penting pelaksanaan good govermance. Salah satu tujuan LAKIP adalah mengevaluasi kinerja organisasi selama satu tahun agar dapat melaksanakan kinerja kedepan secara lebih produktif, efektif dan efisien, baik dari aspek perencanaan, pengorganisasian, manajemen keuangan maupuan koordinasi pelaksanaannya. Poltekkes Kemenkes Malang mempunyai komitmen dan tekad yang kuat untuk melaksanakan kinerja organisasi  yang baik dengan  berorientasi pada hasil, yaitu berdasarkan indikator kinerja utama yang telah ditetapkan.

Politeknik Kesehatan Malang yang disingkat Poltekkes Kemenkes  Malang adalah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian  Kesehatan RI yang berada dibawah Badan Pengembangan Pemberdayaan Manusia (Badan PPSDM) Kementrian Kesehatan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang mempunyai tugas utama yaitu melaksanakan pendidikan tenaga kesehatan profesional Diploma III dan Diploma IV khususnya di bidang Gizi, Keperawatan, Kebidanan, Perekam medis dan Informasi Kesehatan. Dalam menyelenggarakan tugas pokoknya, Poltekkes Kemenkes Malang sebagai perguruan tinggi melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.       

            Visi Poltekkes Kemenkes Malang adalah : Menjadi Institusi Penghasil Tenaga Kesehatan Yang Kompeten dan Kompetitif. Sedangkan misinya adalah: Menyelenggarakan Pendidikan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi; Melaksanakan kegiatan penelitian guna pengembangan pengetahuan dan teknologi dibidang kesehatan; Melaksanakan kegiatan  pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab civitas akademika; Melaksanakan kegiatan yang dapat menumbuhkan soft skill sebagai upaya peningkatan pencitraan institusi; dan Meningkatkan penyelenggaraan pelayanan pendidikan dan administrasi yang berbasis IT, Pengembangan SDM dan sarana prasarana serta pengelolaan keuangan.

Rencana Aksi Poltekkes Kemenkes Malang pada tahun 2013 sesuai dengan  visi-misi adalah : 1) Meningkatnya kualitas lulusan sesuai dengan standar kompetensi di bidang gizi, keperawatan, kebidanan, perekam medis dan informasi kesehatan; 2) Meningkatnya kemampuan berfikir kritis melalui penelitian dan pengembangan keilmuan terapan di bidang gizi, keperawatan, kebidanan, perekam medis dan infokes; 3) Meningkatnya pengabdian kepada masyarakat di bidang gizi, keperawatan, kebidanan, perekam medis dan infokes. Sedangkan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan target kinerja tahun 2013 sesuai rencana aksi adalah : Persentase lulusan yang tepat waktu 94,5 %; Persentase lulusan dengan IPK ≥ 2,75  adalah 95 %; Persentase lulusan yang diserap di pasar kerja kurang dari 6 bulan setelah lulus adalah 79 %; Jumlah penelitian yang dilakukan dosen  dalam satu tahun sebanyak 59 judul per tahun; Jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan dalam satu tahun sebanyak 52 judul; dan jumlah pengabdian masyarakat dalam satu tahun dengan target 100 kegiatan                   

Hasil pengukuran kinerja Poltekkes Kemenkes Malang Tahun 2013 seluruhnya dapat mencapai target yang ditetapkan dan beberapa aspek dapat melampaui target. Persentase lulusan tepat waktu terealisasi 95,8 % dari target 94,5%, atau pencapaiannya sebesar 101,37 %. Persentase lulusan dengan  IPK ≥ 2,75 terealisasi 99,67% dari target 95%, atau pencapaiannya sebesar 104,91 %. Persentase  lulusan yang diserap di pasar kerja sebelum 6 bulan setelah lulus  terealisasi sebesar 85 % dari target 79 %, atau pencapaiannya 107, 6 %.

Jumlah penelitian yang dilaksanakan dosen dalam tahun 2013  terealisasi 59 judul dari target 59 judul penelitian, atau tercapai 100 %.  Jumlah   karya tulis ilmiah yang dipublikasikan teralisasi 71 judul dari target 52 judul atau pencapaiannya 136,5 %. Realisasi jumlah pengabdian masyarakat Poltekkes Kemenkes Malang tahun 2013 sebanyak 188 kegiatan dari target 100 kegiatan atau pencapaiannya sebesar 188 %. Penyerapan anggaran tahun 2013 di Poltekkes Kemenkes Malang secara total  (RM dan BLU) adalah sebesar 89, 18 %  atau Rp. 66.637.201.916 dari pagu Rp. 63.232.161.000.           

Secara umum kinerja Poltekkes Kemenkes Malang Tahun 2013 telah sesuai dengan target atau telah melebihi dari target. Hasil ini akan dijadikan acuan dalam menetapkan kinerja di tahun 2014 dan akan kami pertahankan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang melalui upaya-upayan peningkatan di segala bidang  sehingga diiharapkan pencapaian visi menghasilkan lulusan yang kompeten dan kompetitif akan dapat terwujud.