Praktek Lapangan Sosiologi Dalam Keperawatan 2014

Versi lengkap dapat diunduh di http://files.poltekkes-malang.ac.id/berkas/BERITA_PRAKTEK_SOSIOLOGI.pdf

Praktek Lapangan Sosiologi Dalam Keperawatan

Di Desa Karangnongko Dan Poncokusumo

Kabupaten Malang

                                                                                                

             Peningkatkan mutu lulusan pada Prodi D-3 Keperawatan Malang Jurusan Keperawatan dilakukan melalui proses belajar mengajar klasikal di kelas dan melalui program pembelajaran praktek lapangan atau kelas out door di masyarakat. Mata kuliah sosiologi dalam keperawatan merupakan salah satu mata kuliah yang bersinggungan langsung dalam aplikasinya dengan masyarakat sehingga program praktek atau kuliah out door menjadi salah satu alternatif dalam pengembangan proses pembelajaran.

            Pada tanggal 15 Mei 2014 Program Studi D-III keperawatan malang melaksanakan kuliah out door atau praktek lapangan di Desa Karangnongko dan Desa Poncokusumo Kabupaten Malang yang diikuti oleh 117 mahasiswa reguler semester II dan di ketuai langsung kegiatan tersebut oleh penanggung jawab mata ajar Sosiologi Keperawatan Ibu Rossiana Septiasih, S.Kp., M.Pd. dan tim dosen Bapak Djoko Setiyono, Bapak Zainol Rahman, Bapak Zani Pitoyo dan Bapak Ab Hanan. Model pendekatan pembelajaran ini memberikan gambaran langsung kondisi sebenarnya dari dinamika sosial, tradisi masyarakat dan proses interaksi sosial mahasiswa dengan masyarakat.

            Pelaksanaan praktik lapangan pada kali ini diselenggarakan terintegrasi dengan pengabdian masyarakat para Dosen tim pengajar mata kuliah Sosiologi, sehingga dalam pelaksanaannya menjadi lebih fariatif selain proses pendekatan sosial yang dilakukan oleh mahasiswa melalui pendekatan sosiologi,  juga dilakukan penyuluhan kesehatan di tingkat keluarga oleh para Dosen beserta mahasiswa.

            Kegiatan praktik lapangan dan pengabdian masyarakat diawali dengan acara seremonial berupa  penerimaan mahasiswa dan Dosen oleh Kepala Desa Poncokusumo dan Desa Karangnongko kemudian dilanjutkan kunjungan ke rumah warga melalui pendekatan home care, kegiatan wawancara, diskusi masalah kesehatan, pemeriksaan kesehatan sederhana oleh mahasiswa.

            Partisipasi kepala desa, aparat desa dan warga cukup antusias dengan penyelenggaraan kegiatan ini, harapan kepala desa senantiasa ada informasi terkini tentang perkembangan kesehatan masyarakat desanya. (editor: Ab Hanan).