OUTLOOK #2 2016

OUTLOOK #2 2016
Kilas balik peristiwa dan kegiatan yang telah diadakan oleh POLKESMA pada tahun 2016. Rangkaian acara yang digelar meliputi Kegiatan Kemahasiswaan, LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), Seminar Nasional Kesehatan Nasional dan Internasional dan kegiatan lomba antar mahasiswa.

 

FEBRUARI
22/2 CLASS  MEETING

21 Februari 2016 berlokasi di Kampus 2 Poltekkes Malang telah diadakan acara clasmeetingAcara yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Februari 2016 mengambil tema “The Extraordinary Lawang”. Hari berikutnya yaitu pada tanggal 22 Februari 2016 dilaksanakan babak final pada pertandingan dan pada malam harinya dilaksanakan malam puncak yang diisi lomba fashion show, stand up dan beberapa penampilan kelas lainnya. (Dewa Adenin/lawang). Foto :

class meeting lawang


13/2 ORMAWA : SIDANG ISTIMEWA 2016
Akan adanya pelantikan pengurus baru Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di Poltekkes Kemenkes Malang maka diadakan sebuah rapat yang dihadiri oleh perwakilan-perwakilan ORMAWA serta UKM, rapat ini kemudian disebut ‘Sidang Istimewa’. Dihadiri oleh PUDIR kemahasiswaan dan seluruh perwakilan ORMAWA serta UKM, sidang istimewa berlangsung dalam dua hari yaitu pada hari Jumat (12/02) dan hari Sabtu (13/02). (Madina/FOMATIK). Foto :

sidang istimewa ORMAWA


11/2 LDK ORMAWA 2016
Demi mencetak pemimpin yang bermartabat, Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) Poltekkes Kemenkes Malang menyelenggarakan latihan dasar kepemimpinan yang diadakan selama empat hari mulai tanggal 8 Februari–11 Februari 2016 bertempat di kampus pusat Poltekkes Kemenkes Malang dan dilanjutkan dengan kegiatan di AppleSun Learning Center, Bumiaji, Batu. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kampus mulai dari Malang, Blitar, Lawang, Jember,dan Kediri. Serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan bertujuan untuk membangun karaktek mahasiswa sebagai seorang calon pemimpin. Dan di hari terkahir LDK ORMAWA adanya kegiatan outbound yang diselenggarakan oleh pihak AppleSun Learning Center yang bertujuan untuk menjalin kreatifitas dan kekompakan antar mahasiswa.(Madina/FOMATIK). Foto :

ldk ORMAWA
 

MARET
19/3 DIKLAT REMAJA GENRE PIK-M MAHARDIKA

UKM PIK-M ini pada tanggal 19 Maret 2016 menyelesaikan salah satu kegiatannya yaitu Diklat Remaja GenRe dengan tema “Mewujudkan Generasi Emas Dalam Menghadapi Bonus Demografi Indonesia”. Acara ini berlangsung dengan lancar dan dimulai dari jam 07.00-16.00 WIB yang diisi dengan beberapa materi dan diakhiri dengan acara outbond. Adapun pematerinya sendiri adalah Putri Nurmalitasari selaku Duta Mahasiswa GenRe Kab. Pasuruan 2015 yang juga Ketua PIK-M Mahardika Polkesma dan Nanda Priatna selaku Juara 3 Putra Duta Mahasiswa GenRe Jawa Timur 2015.(Deandra/Fomatik). Foto :

diklat pikm

APRIL
30/4 MUSYAWARAH REGIONAL DAN STUDY COMPARATIVE 2016
Musyawarah Regional dan Study Comparative 2016 merupakan salah satu kegiatan UKM Fomatik yang diikuti oleh anggota Fomatik baik dari wilayah kampus pusat Malang maupun kampus cabang seperti kampus Lawang, Blitar, Jember, dan Kediri. Musyawarah Regional dan Study Comparative ini dilaksanakan pada tanggal 29-30 April 2016 bertempat di Auditorium Poltekkes Kemenkes Malang dan Jawa Pos Graha Pena Surabaya. (Fia/Fomatik). Foto :

MUSYAWARAH REGIONAL 2016

musyawarah regional fomatik

STUDI COMPARATIVE 2016

studi comparative 2016


28/4 KEGIATAN DONOR DARAH
Tanggal 28 April 2016 kampus 2 Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan donor darah yang merupakan program kerja dari KSR. Peserta dalam kegiatan donor darah ini sebagian besar diikuti oleh dosen dan mahasiswa yang memenuhi syarat untuk menjadi pendonor darah. (Dewa Adenin/lawang). Foto :

kegiatan donor darah


23/4  KIKY ULUMIL HAMIDAH NOMINASI GRAND FINAL PANJI GALUH KOTA
Kiky Ulumil Hamidah Mahasisiwi semester II B Program Studi D III Kebidanan Kediri Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehaan Kemenkes Malang yang berasal dari kota bunga (Malang) ini berhasil membawa kabar gembira untuk kampusnya yang memperoleh predikat sebagai Galuh Persahabatan kota Kediri. Selain Polkesma Prodi Kebidanan Kediri terpanggil sebagai best suporter dengan kategori suporter terunik. (Anida Fauzia/Fomatik).Foto :

galuh kediri


21/4  KARTINI POLKESMA
21 April merupakan hari peringatan Kartini yang diperingati untuk kaum wanita dengan mengambil tema  “Teriakan Dalam Kesetaraan“. Para mahasiswa dan civitas akademik Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang memperingati Hari Kartini dengan mengadakan berbagai kegiatan diantaranya lomba band, lomba bazar, dan pemilihan Duta Kampus yang  diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).  (Laily/Fomatik). Foto :

kartini days 2016


16/4 PEC (POLKESMA ENGLISH COMPETITION)
Polkesma English Competition atau disingkat PEC adalah perlombaan bahasa inggris yang diadakan setiap tahun oleh BEM Poltekkes Kemenkes Malang. Tahun ini PEC dilaksanakan pada tanggal 15-16 April 2016. Kategori lomba yang dikompetisikan antara lain TV News Anchor, Oratory, Debate Contest, dan Story Telling. Tahun ini juara umum diraih oleh Prodi D3 Keperawatan Blitar yang memperoleh akumulasi juara sebanyak 4 dari 9 predikat pemenang diantaranya Juara II Debate Contest, Best Speaker dalam Debate Contest, Juara I Story Telling, dan Juara I Oratory.

polkesma english competition


13/4 SEMINAR KEPERAWATAN 2016
Rabu, 13 April 2016, bertempat di gedung auditorium kampus III Poltekkes Malang Prodi Keperawatan Blitar, UKM Karya Ilmiah menyelenggarakan seminar keperawatan.  Materi dalam seminar keperawatan tahun ini adalah “Menyusun Diagnosis Keperawatan Berbasis NANDA 2015-2017” dengan narasumber Ibu Ns. Heni Dwi Windarwati, M. Kep., Sp. Kep., J. yang mengupas tuntas tentang cara menyusun diagnosis keperawatan berdasarkan NANDA serta perbandingan buku Diagnosis NANDA 2015-2017 dengan NANDA yang sebelumnya.



02/4 NURSING ENGLISH COMPETITION 2016
Salah satu wujud nyata yang dilakukan oleh calon tenaga kesehatan yang ada di Poltekkes Kemenkes Malang khususnya jurusan keperawatan adalah dengan diadakannya suatu ajang melatih kemampuan serta memfasilitasi skill yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan keperawatan dalam hal kecakapan berbahasa Inggris yaitu Nursing English Competition (NEC). Acara ini rutin diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan dan untuk kali ini tepatnya tanggal 2 April 2016 acara ini dilaksanakan di Kampus III Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang yaitu di Blitar. Dengan mengusung tema “Train Your Brain Change Your Mindset” diharapkan acara NEC ini bisa memfasilitasi skill mahasiswa dalam hal berbahasa Inggris serta menjadikan acara ini sebagai usaha dalam meningkatkan mutu calon tenaga kesehatan yang bisa bersaing dengan tenaga kesehatan dari negara lain dalam menghadapi MEA. (Ajeng/Fomatik). Foto :

nursing english competition

MEI
29/5 FOMATIK CHALLENGES

Fomatik Challenges merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh anggota muda ukm Fomatik pada tanggal  29 Mei 2016 bertempat di Aula Bidan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan potensi mahasiswa dalam bidang jurnalistik yang meliputi fotografi dan artikel dengan harapan seluruh mahasiswa yang mengikuti lomba dapat menambah wawasan serta mampu meningkatkan bakat, minat dan kegemarannya. Tema yang diusung dalam acara Fomatik Challenges yaitu “Health for future”, dilatarbelakangi oleh pendidikan mahasiswa yang bergerak dalam bidang kesehatan. Dengan harapan seluruh karya yang dihasilkan oleh mahasiswa dapat menambah ilmu pengetahuan dan hal baru dalam bidang kesehatan. Foto :

seminar fomatik

21/5 TRY OUT SIPENMARU
Sipenmaru diadakan try out yang diadakan pada tanggal 21 Mei 2016. Try out bertempat di Gedung Perkuliahan Poltekkes Kemenkes Malang. Try out dimulai pada pukul 8 dan berakhir pukul 12 siang. Try out Sipenmaru yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang ini tak lain ditujukan untuk melatih calon mahasiswa Poltekkes Kemenkes Malang dalam menjawab soal Sipenmaru yang akan mereka hadapi. Try out ini diikuti ratusan calon mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah mulai daerah Jawa hingga luar Jawa. Foto :

tryout sipenmaru 2016

15/5 KEMAH NASIONAL KESEHATAN 2016
Kemah Nasional Kesehatan III yang dilaksanakan pada tanggal 11—15 Mei 2016. Perayaan Kemah Nasional Kesehatan (KEMNASKES) yang diadakan kali ini dilatarbelakangi oleh gerakan Pramuka di Indonesia. Muncul ide untuk mengembangkan sayap Pramuka ke arah yang lebih luas lagi yaitu tak berhenti sampai tingkat sekolah menengah, namun diteruskan ke tingkat perguruan tinggi. Mulai dari Poltekkes Kemenkes Aceh, Bapelkes Semarang, sampai Poltekkes Kemenkes Jayapura turut berkontribusi pada acara ini. Foto :

kemah nasional kesehatan 2016

JUNI
14/6 PELANTIKAN ORMAWA DAN UKM 2016

Gerakan perubahan !!! Salah satu visi yang diusung oleh ketua BEM Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. (14/6) Tepatnya hari kamis yang bertempat di Lapangan Kebidanan kali ini diadakan upacara pelantikan UKM dan Ormawa. Pelantikan tersebut dipimpin oleh Direktur Utama Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Acara inti ditandai dengan penyematan slempang kepada para ketua UKM dan ormawa baru yang mendapat ijin dari ketua yang lama dan tanda tangan berita acara serta serah terima jabatan. Tak lupa sambutan juga disampaikan oleh Direktur Utama Polteknik Kesehatan Kemenkes Malang. Foto :

pelantikan ormawa ukm pusat

04/6 NUTRIFAIR 2016
Nutrifair adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa jurusan gizi untuk lebih memperkenalkan tentang gizi kepada masyarakat luas di Kota Malang. Setiap tahunnya mengusung tema yang berbeda-beda. Tahun ini, nutrifair mengusung tema "Golden Age with Fish" yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya makan ikan bagi kehidupan mereka. Acara ini diselenggarakan di Malang Town Square (Matos) pada tanggal 4 Juni 2016 dengan target peserta 1000 orang. Bermacam-macam kegiatan yang ada di acara ini. Mulai dari seminar, konsultasi gizi, cek kesehatan gratis, bazar hasil produksi ikan, lomba mewarnai, poster, sampai dengan penampilan Bayu Skak sebagai bintang tamu. Foto :

nutrifair 2016