Edukasi Kesehatan Jiwa: @emo-cafe, Depression: Lets Talk

Lawang (4/11) RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang bekerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Malang (Kampus 2) menyelenggarakan Edukasi Kesehatan Jiwa Dalam rangka sosialisasi hari kesehatan sedunia 2017,. Kegiatan ini bertempat di Ruang Aula Kampus 2 mulai pukul 13.00 s/d 16.00 WIB. Adapun tema kegiatan ini ini adalah  @emo-cafe, Depression: Let's Talk.

Kegiatan dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah penderita depresi di dunia. Tahun 2014 ada 98,7 juta jiwa mengalami depresi. WHO di situs resminya mengatakan ada 300 juta jiwa yang pernah dan masih mengalami depresi. Di Asia tenggara sendiri angka kejadian depresi berkisar 4% tentu angka rielnya jauh lebih besar.

Depresi adalah gangguan jiwa yang mempunyai gejala utama penurunan mood (suasana perasaan) dan tidak adanya motivasi atau merasa putus asa. Gejala depresi yang tidak mudah dikenali dan dikacaukan dengan gejala gangguan jiwa lainnya menyebabkan masalah depresi sering tidak tertangani dengan baik. Stigma negatif menambah sulitnya terapi gangguan ini. Selain itu pembiayaan yang mahal dan terapi yang tidak seragam juga menjadi penyebab tidak tertanganinya dengan baik. Masalah bertambah besar karena depresi bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya promotif dan preventif di kalangan remaja dan usia muda melalui peningkatan pemahaman terhadap depresi dan pentingnya bicara. tidak kurang dari 60 mahasiswa kampus 2 yang di undang dalam acara ini. Mereka di bagi dalam 6 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh 2 orang host dari RSJ Lawang dan Polkesma. Setiap station memiliki tema diskusi yang menarik misalnya station 1 berbicara tentang "Apakah stres itu?", station 2 berbicara tentang "Apakah emosi itu? bagaimana manifestasi emosi yang tampak dari luar? dst. Setiap kelompok akan berpindah dalam waktu 10 menit secara bergiliran ke station-station. Bertindak sebagai host dari RSJ Lawang antara lain dr. Yulia Fatima Bessing, Sp.KJ, Effiana Yuriastien, S.Psi, dr. Nindita Pinastikasari, Sp.KJ, dr. Ika Nur Farida, Sp.KJ, dr. Alexandra Diah Mustika, Sp.KJ, dan Daisy Prawitasari, S.Psi. Sedangkan dari Polkesma kampus 2 adalah Lucia Retnowati, SST, M.Kes, Agus Setyo Utomo, A, M.Kes, Kasiati, S.Kep., Ns, M.Kep, Nurul Hidayah, S.Kep., Ns, M.Kep, Sumirah BP, SKp, M.Kep, dan Abdul Hanan, S.kep., Ns, M.Kes.

Di akhir acara, masing-masing host menyampaikan hasil diskusi ke semua peserta. Sambil menyeruput secangkir kopi dan menikmati snack yang sudah disediakan panitia, tampak mahasiswa sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan. (abi/asa).

edukasi kesehatan jiwa

edukasi kesehatan jiwa 1

edukasi kesehatan jiwa 2