PPSM 2017: Membangun Karakter Mahasiswa Demi Polkesma Jaya

Kegiatan rutin PPSM (Pengenalan Program Studi Mahasiswa) yang dilaksanakan setiap tahunnya, kali ini banyak mengalami perubahan. Selain dilakukan seminggu penuh, PPSM kali ini juga kedatangan para mahasiswa dari dua program studi baru yaitu D4 Promosi Kesehatan dan D3 Analis Farmasi dan Makanan.

Pada PPSM kali ini para mahasiswa diajarkan dasar-dasar kepemimpinan selama tiga hari (17-19 Juli) di pangkalan militer Dodik Bela Negara di kawasan Blimbing, Kota Malang. Sedangkan dua hari setelahnya (20-21 Juli) para mahasiswa baru menerima materi pengenalan kampus, dan pada hari terakhir melakukan ospek bersama sekaligus expo kelembagaan.

germas3

Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru lebih diajarkan dan ditekankan kebiasaan di Poltekkes Kemenkes Malang dengan tujuan membentuk karakter sebagai tenaga profesi kesehatan. Karakter yang ditekankan adalah kejujuran, kesopanan, dapat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas, kemandirian, dan kekeluargaan. Para peserta PPSM dilatih untuk memiliki karakter tersebut dikarenakan nantinya akan membawa nama baik almamater saat berada di lapangan atau saat melaksanakan sebuah kewajiban. Selain itu, mahasiswa baru juga diajarkan untuk saling bekerja sama dan mengembangkan kreativitas mereka dalam bekerja. Peserta PPSM diajarkan membuat jargon dan yel-yel untuk menunjukkan identitas dan integritas setiap jurusan mampu menunjukkan karakter yang dimiliki serta menjadi jurusan dengan karakteristik tertentu yang dapat dikenali.

ppsm2

Materi yang diberikan di PPSM adalah materi yang berhubungan dengan kampus seperti visi misi dan program kerja Poltekkes Kemenkes Malang, struktur organisasi Poltekkes Kemenkes Malang dan jurusan, kurikulum jurusan, layanan akademik dan non akademik, kode etik mahasiswa, layanan siakad, layanan pemeliharaan kesehatan mahasiswa, layanan perpustakaan, layanan asrama, layanan laboratorium. Disampaikan pula materi tentang prospek peluang kerja jurusan dan organisasi profesi. Seperti yang telah dibahas di atas, tujuan PPSM adalah untuk membentuk karakter sebagai tenaga profesi kesehatan maka dari itu kegiatan juga diisi materi yang membantu terwujudnya tujuan tersebut, seperti materi anti korupsi dan plagiarsme, pencegahan penyalahgunaan narkoba dan HIV AIDS, dan membangun karakter mahasiswa serta motivasi belajar.

Pada hari terakhir PPSM atau closing day, semua mahasiswa dari setiap jurusan berkesempatan untuk mengenal apa saja organisasi kemahasiswaan yang ada di Poltekkes Kemenkes Malang, dan juga berkesempatan untuk menunjukkan yel-yel masing-masing jurusan dalam kegiatan ospek bersama.

 

"Sangat menyenangkan, melatih kekompakan dan kebersamaan" tutur salah satu mahasiswa dari jurusan kebidanan. (Vany, Madina/FOMATIK)