Sehat Keluargaku, Sehat Bangsaku, Makmur Negeriku

Sehat Keluargaku, Sehat Bangsaku, Makmur Negeriku

Pencanangan Germas bersama Komisi IX DPR RI dan Pemkab Jember

 

PATRANG – Setelah sebelumnya digelar di Bondowoso, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang (Polkesma) kembali mencanangkan kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Jember. Tepatnya berlokasi di Kampus I Jember Polkesma di Jalan Srikoyo, Patrang.

Kali ini pencanangan Germas dilakukan bersama Pembantu Direktur (Pudir) III Polkesma, Surachmindari SST MPd; anggota DPR RI Komisi IX, Ayub Khan; Bupati Jember, dr Hj Faida MMR; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr Siti Nurul Qomariyah MKes; serta jajaran forpimka Patrang. Agenda tersebut digagas untuk mewujudkan program Nawacita kelima Presiden RI Joko Widodo, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia dan mengimplementasi program Germas hidup sehat di lingkungan Kemenkes dalam bentuk sosialisasi.

Anggota Komisi IX DPR RI, Ayub Khan mengungkapkan, sosialisasi program Germas ini dirasa sangat sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini. Menurutnya pola penyakit saat ini sudah mengalami perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Dulu pada tahun 90-an banyak penyakit menular di masyarakat, tapi sekarang cenderung bergeser ke penyakit tidak menular seperti diabetes dan kanker,” ujarnya.

Hadirnya sosialisasi Germas sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, kata dia, adalah salah satu kegiatan preventif promotif. Tujuannya adalah untuk menjamin kesehatan terjaga, lingkungan lebih bersih, lingkungan produktif, dan biaya berobat jadi berkurang.

Apabila diperlukan regulasi lebih lanjut, Pemerintah RI menyilakan masing-masing pemkab untuk menanganinya. Ini sesuai dengan tema yang termaktub dalam Salam Germas yaitu Sehat Keluargaku, Sehat Bangsaku, Makmur Negeriku.  “Germas harus masif kita laksanakan. Perlu ada edukasi germas terutama dimulai dari keluarga. Dengan germas keluarga kita menjadi sehat, dengan germas bangsa kita akan menjadi makmur,” tegasnya.

Pemkab Jember mengapresiasi langkah yang telah dijalankan Polkesma, sebab hal tersebut sesuai dengan program Pemkab Jember di bidang kesehatan. Karena itu Bupati Jember dr Faida MMR mengajak seluruh elemen civitas akademika Polkesma untuk bersinergi dalam edukasi dan sosialisasi Germas.

“Dalam program peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan perilaku hidup sehat, dan peningkatan aktivitas fisik,” tegasnya.

Pudir III Polkesma, Surachmindari SST MPd menuturkan, sebagai perguruan tinggi yang mendukung program pemerintah, Polkesma juga melakukan berbagai pengabdian masyarakat terutama dalam bidang kajian akademik. Tujuannya agar bisa mengatasi dan mengantisipasi penyakit yang berkembang di masyarakat. “Kami keluarga besar Polkesma sangat mendukung dan ikut berpartisipasi dalam sosialisasi Germas ini,” ujarnya.

Polkesma yang berpusat di Malang merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan RI yang berpusat di Malang dan lokasi kampus yaitu Jember, Lawang, Blitar, dan Kediri. Dengan empat jurusan yaitu Gizi, Keperawatan, Kebidanan dan Rekam Medik serta 17 program studi. “Di Jember sendiri dibuka program studi D4 Kebidanan yang sebentar lagi akan membuka program profesi,” pungkasnya. (kl/lin)

 

Penulis : Lintang/Radar Jember