Hari Lahir Kartini, POLKESMA Adakan Upacara Serta Festival Seni dan Budaya POLKESMA 2018

HARI LAHIR KARTINI, POLKESMA ADAKAN UPACARA SERTA FESTIVAL SENI DAN BUDAYA POLKESMA 2018

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Kartini, kemarin (20/4) Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan Upacara dan momen ini sekaligus untuk menyerahkan SK Pensiun serta Festival Seni dan Budaya Polkesma 2018. Upacara yang berlangsung pukul 07.30 WIB dipimpin oleh Pembantu Direktur III, Surachmindari, SST, M.Pd.

Dalam sambutannya Ibu Surachmindari menyampaikan bahwa perjuangan Ibu Kartini tidak sia-sia. Bahkan saat ini telah terpatri suatu sikap dalam kehidupan para ibu, para remaja putri, dan para pemudi yang mencerminkan cita-cita luhur Ibu Kartini. Tentunya sebagai wanita tidak bisa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan. Namun tidak berarti kaum wanita merupakan kaum yang digolongkan nomor dua setelah laki-laki dalam hal perjuangan. Oleh sebab itu, cita-cita luhur seorang Kartini patut dijunjung tinggi.

Upacara yang diadakan di lapangan Kampus Utama Poltekkes Kemenkes Malang diikuti oleh seluruh pegawai  dan mahasiswa. Setelah upacara berlangsung dilanjutkan dengan penyerahan SK Pensiun kepada salah satu pegawai yang telah purna tugas per 1 April 2018, Drs. Dwi Atmodjo.

Rangkaian upacara peringatan Hari Kartini dilanjutkan dengan penyelenggaraan Festival Seni dan Budaya 2018 dengan tema “Budayakan Seni, Lestarikan Jati Diri”. Nandea Exza Syachfila, mahasiswa DIV Keperawatan yang menjabat sebagai Ketua Pelaksana Festival Seni dan Budaya 2018 berharap dengan diadakannya festival ini dapat memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Indonesia di lingkungan Poltekkes Kemenkes Malang.

Dalam festival ini BEM Polkesma mengadakan lima perlombaan yaitu lomba solo vocal, lomba musikalisasi puisi, lomba cita rasa nusantara, lomba tari tradisional kreasi, dan lomba fotografi. Festival Seni dan Budaya Polkesma 2018 di Auditorium Poltekkes Kemenkes Malang diikuti oleh seluruh mahasiswa, tenaga pendidik (dosen), maupun tenaga kependidikan. Bagi mahasiswa setiap program studi mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti setiap lomba yang diadakan. Mahasiswa dari masing-masing program studi juga membuka stan bazaar dengan menjajakan berbagai makanan dan minuman yang dapat dibeli oleh pengunjung yang datang.

Perlombaan dalam Festival Seni dan Budaya Polkesma 2018 ditutup dengan penampilan spesial dari Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes yang menyanyikan tembang Jawa bersama Dosen Keperawatan, Sugiyanto Hadi, SKM, MPH. Festival Seni dan Budaya Polkesma 2018 berakhir pukul 14.00 WIB dengan mengumumkan pemenang dari lomba yang telah berlangsung. Program Studi DIII Anafarma berhasil menjadi juara umum Festival Seni dan Budaya Polkesma tahun ini. Selamat, DIII Anafarma! [syifa]