Kuliah Tamu Bersama Kepala Badan PPSDM Kementrian Kesehatan RI

Kuliah Tamu Bersama Kepala Badan PPSDM Kementrian Kesehatan RI

Rabu (2/5) Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan kuliah tamu bersama Kepala Badan PPSDM Kementrian Kesehatan RI, drg. Usman Sumantri, M.Sc.

Kuliah tamu berlangsung di Gedung Auditorium Poltekkes Kemenkes Malang yang dimulai pukul 10.00 WIB dihadiri oleh mahasiswa serta tenaga pendidik Poltekkes Kemenkes Malang.

Kuliah tamu dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, S.Kp.,M.Kes. Acara dilanjutkan diskusi mengenai Peran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Bidang Kesehatan, Tantangan dan Prospek ke Depan yang disampaikan langsung oleh Kepala Badan PPSDM Kementrian Kesehatan RI.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah program Pemerintah yang bertujuan memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera. Sesuai dengan UU No 40 Tahun 2004, Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) diselenggarakan dengan mekanisme Asuransi Sosial dimana setiap peserta wajib membayar iuran guna memberikan perlindungan atas risiko sosial ekonomi yang menimpa peserta dan/atau anggota keluarganya.

JKN merupakan bagian dari SJSN yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah. Sebagai tenaga maupun calon tenaga kesehatan, tenaga pendidik dan mahasiswa harus mampu memahami mengenai JKN. Pemahaman mengenai JKN ini berlaku bagi seluruh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Malang.

Kuliah tamu dilanjutkan dengan diskusi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan tenaga pendidik untuk mengajukan pertanyaan. Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes berharap dengan kuliah tamu mengenai Peran JKN Dalam Bidang Kesehatan oleh Kepala Badan PPSDM Kementrian Kesehatan RI dapat memberikan tambahan ilmu bagi tenaga pendidik dan mahasiswa, sehingga Polkesma dapat ikut berperan aktif dalam menyukseskan program pemerintah. [syifa]