Bimtek Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2018

Bimtek Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2018

Senin (7/5) Poltekkes Kemenkes Malang menyelenggarakan Pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2018 di Gedung Auditorium Poltekkes Kemenkes Malang.

Pelaksanaan Bimtek Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi bagi tenaga pendidik Poltekkes Kemenkes Malang berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 7 dan 8 Mei 2018.  

Kegiatan Bimtek dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian laporan Ketua Panitia Dr. Ekowati Retnaningtyas, S.Kp., M.Kes dan sambutan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes. Acara dilanjutkan dengan Bimtek Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi dengan dua narasumber yaitu Dr. Dwi Tyastuti, MPH, PhD dan Dr. Nursama Heru Apriantoro, S.Si., M.Si.

Kegiatan Bimtek Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2018 diisi dengan pemaparan dan praktek langsung bersama narasumber. Diskusi pada hari pertama dengan Dr. Dwi Tyastuti, MPH, PhD membahas mengenai bagaimana artikel yang telah ditulis dapat menembus jurnal bereputasi Internasional. Tenaga pendidik (Dosen) diberikan pemaparan mengenai sistematika penulisan manuskrip artikel ilmiah Bidang Kesehatan untuk publikasi jurnal Internasional. Dosen juga diajarkan secara langsung teknik akses jurnal Internasional terindeks seperti Scopus, Thomson, EBSCO, DOAJ, maupun Google Scholar yang telah diakui oleh Dikti.

Sedangkan bersama Dr. Nursama Heru Apriantoro, S.Si., M.Si, tenaga pendidik (Dosen) memulai diskusi mengenai teknik penulisan daftar pustaka dengan Mendeley dengan praktek, kiat submit artikel ilmiah ke Jurnal Internasional, dan deteksi plagiat.

Pelaksanaan Bimtek Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2018 hari kedua dimulai pukul 08.00 WIB. Acara dimulai dengan pemaparan dari Dr. Dwi Tyastuti, MPH, PhD mengenai penggunaan Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam penulisan artikel ilmiah serta penggunaan aplikasi/tools dalam penulisan artikel ilmiah. Acara dilanjutkan penyusunan dan perbaikan manuskrip artikel ilmiah oleh masing-masing peserta yang akan dikirm ke Jurnal Internasional. Dr. Nursama Heru Apriantoro, S.Si., M.Si dan Dr. Dwi Tyastuti, MPH, PhD kemudian mendampingi peserta Bimtek untuk submit manuskrip artikel ilmiah.

Kegiatan Bimtek Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2018 berakhir pukul 20.00 WIB dengan ditutup oleh Pembantu Direktur II Poltekkes Kemenkes Malang, Setyo Harsoyo, SKM., M.Kes. [syifa]