Rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Reguler Poltekkes Kemenkes Malang

Seleksi tahap I penerimaan mahasiswa baru jalur uji tulis bersama tahun 2018 selesai dilaksanakan Rabu (30/5/2018). Seleksi tahap I diadakan serentak di lima kampus Poltekkes Kemenkes Malang yaitu Kampus Utama (Malang), Kampus I (Jember), Kampus II (Lawang), Kampus III (Blitar), dan Kampus III (Kediri).

Pendaftaran Sipenmaru 2018 jalur uji tulis bersama sebelumnya telah ditutup 22 Mei 2018. Enam belas program studi yang ada di Poltekkes Kemenkes Malang ditawarkan melalui jalur uji tulis bersama.

Sebagai salah satu lokasi ujian, kampus utama mengadakan ujian tulis dengan dengan 1000 pendaftar. Pelaksanaan ujian tulis ini diawasi langsung oleh tenaga pendidik dan kependidikan Poltekkes Kemenkes Malang yang tersebar di beberapa titik seperti Aula Kebidanan, GOR Kebidanan, Gedung Auditorium, dan Ruang Kelas di lingkungan Kampus Utama.

Materi yang diuji dalam ujian tulis bersama tidak berbeda dari ujian tulis jalur mandiri sebelumnya meliputi Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA Terpadu.

Hasil uji tulis Sipenmaru 2018 jalur ujian tulis bersama diumumkan 7 Juni 2018. Dari 1959 pendaftar yang mengikuti uji tulis bersama, 779 dinyatakan lulus nominasi dan wajib mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yaitu uji kesehatan dan psikotes.

 

Uji Kesehatan dilaksanakan selama empat hari kerja dimulai tanggal 22 Juni 2018. Calon mahasiswa wajib hadir mengikuti uji kesehatan sesuai jadwal yang telah diumumkan jam 08.00 WIB di Gedung TUK Kampus Pusat Poltekkes Kemenkes Malang.

Alur uji kesehatan Jalur Ujian Tulis Bersama Sipenmaru 2018 yaitu peserta datang untuk mengambil nomor antrian kemudian melakukan registrasi dengan pengisian formulir dan penyerahan berkas. Berkas yang harus disertakan dalam map yaitu fotokopi slip pembayaran dari Bank BRI, surat pernyataan bermaterai, dan fotokopi tanda peserta atau KTP maupun kartu pelajar.

Calon mahasiswa baru yang telah melakukan registasi dapat melakukan uji kesehatan sesuai dengan nomor antrian yang telah diambil sebelumnya. Jenis pemeriksaan yang dilakukan yaitu pengukuran tinggi badan dan berat badan, pengambilan darah, tes urine, pemeriksaan tensi nadi, dan pemeriksaan umum (fisik).

Kamis (28/6) calon mahasiswa baru yang telah melaksanakan uji kesehatan dapat mengikuti psikotes yang dilaksanakan secara bersama. Psikotes yang dilaksanakan hari ini bagi calon mahasiswa jalur ujian tulis bersama, bidik misi gelombang 2, dan lintas provinsi.

Psikotes diikuti oleh 829 calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi tahap I yaitu uji tulis bagi calon mahasiwa baru jalur ujian tulis dan lintas provinsi serta lulus verifikasi berkas bagi calon mahasiswa jalur bidik misi gelombang 2.

Pelaksanaan psikotes merupakan kerjasama Poltekkes Kemenkes Malang dengan pihak ketiga yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim. Psikotes dilakukan dengan menggunakan 22 ruang kelas Poltekkes Kemenkes Malang yang berada di Jurusan Gizi, Jurusan Keperawatan, dan Jurusan Kebidanan. Setiap ruangan diisi oleh calon mahasiswa dengan pilihan jurusan yang sama. [syifa]