Sosialisasi dan Bimtek Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi Jalur Pengalaman/RPL oleh LSP KPK

Malang – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimtek Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi Jalur Pengalaman/ RPL di Ruang Rapat Lantai II Kantor Direktorat kemarin (4/9). Acara ini dihadiri oleh 20 dosen pengampu mata kuliah Pendidikan dan Budaya Antikorupsi (PBAK) dari semua jurusan dengan penyajian materi dari narasumber dan diskusi.

Tujuan diadakannya Bimtek Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi adalah menyamakan persepsi mengenai latar belakang dan tujuan diadakannya sertifikasi penyuluh antikorupsi, penyampaian informasi terkait persyaratan dan tahapa sertifikasi, serta penyampaian panduan teknis pengorganisasian dokumen/bukti pendukung sertifikasi.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sandri Justiana. Beberapa hal yang menjadi prioritas topik diskusi pembahasan yaitu :

  1. Tahapan pelaksanaan Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi
  1. Pendaftaran
  2. Pra Asesmen
  3. Asesmen
  4. Rapat Pleno
  5. Penyerahan Sertifikat
  1. Materi yang diuji dalam Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi
  2. Dokumen yang harus dipersiapkan peserta Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi

Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi dilakukan untuk standarisasi kompetensi agar pelaksanaan penyuluhan lebih efektif dan efisien serta merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi KPK atas partisipasi dalam pemberantasan korupsi melalui edukasi.

Peserta yang telah dinyatakan kompeten sebagai Penyuluh Antikorupsi diharapkan dapat meningkatkan kompetensi masyarakat terhadap program pemberantasan korupsi dengan melakukan kegiatan penyuluhan antikorupsi di tempat kerja sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Penyuluh Antikorupsi.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Urusan Kesekretariatan, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com