Seminar Karir Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Unit Job Placement Center (JPC) Poltekkes Kemenkes Malang menyelenggarakan seminar karir dengan tema Character Building Training Guna Bersaing di Dunia Kerja” di lima Kampus Poltekkes Kemenkes Malang. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dan alumni Poltekkes Kemenkes Malang serta Direktur, Pembantu Direktur, Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi.

Acara seminar karir di Kampus Utama dan Lawang dibuka oleh Direktur, Budi Susatia, S.Kp., M,Kes dan dilanjutkan laporan ketua unit JPC, Ibnu Fajar, SKM, M.Kes yang melaporkan bahwa telah dilaksanakan seminar karir di lima Kampus Poltekkes Kemenkes Malang. Ibnu Fajar juga melaporkan kegiatan seminar karir dilaksanakan satu dan dua hari (khusus kampus utama) dengan pemateri Joko Kurniawan, A.Md.Gz, S.Psi dan Budi Wiyono, SE. 

Dalam seminar karir ini, Joko Kurniawan menyampaikan empat materi yaitu basic communication skill, character building training, service excellence, dan manajemen karir. Pada materi Basic communication skill peserta diberikan penjelasan bagaimana berkomunikasi dengan baik dan efektif. Unsur – unsur kekuatan komunikasi ada 3 yaitu :

  1. Kekuatan verbal yang memiliki kontribusi 5%
  2. Kekuatan intonasi yang memiliki kontribusi 38%
  3. Kekuatan body language yang memiliki kontribusi 57%

 

Sedangkan kekuatan verbal dapat diukur dari 4 hal yaitu :

  1. Bicara dengan tepat
  2. Bicara kepada orang yang tepat
  3. Bicara diwaktu yang tepat
  4. Bicara sesuai dengan level nya (lawan bicara)

Peserta juga diberikan pemahaman sekaligus simulasi tentang “magic word” yang sebaiknya digunakan dalam komunikasi seperti “Akan saya coba”, “silahkan” dan “Tentu”. Peserta juga diberikan pemahaman penggunaan komunikasi non verbal pada saat berkomunikasi seperti kontak mata, postur tubuh condong kedepan menunjukkan antusias dan ekspresi wajah. Pada saat berkomunikasi seyogyanya menghindari penggunaan “killing word” yaitu kata-kata yang seyogyanya dihindari dalam berkomunikasi seperti “Tidak bisa”, “Tidak tahu” atau “Tidak mungkin”. Selain itu dalam hal sikap, yang wajib dihindari adalah “killing gesture” antara lain melihat dengan sinis duduk bersandar lunglai meletakkan tangan ke pinggang.

Materi Character Building Training peserta diberikan pemahaman bahwa setiap manusia memiliki modal dasar yang Tuhan berikan yaitu:

  1. Potensi
  2. Kepekaan
  3. Performance

Yang mana ketiga unsur tersebut membuat diri kita dinilai dan dihargai sekaligus pengakuan oleh orang lain. Peserta juga diberikan pemahaman bahwa masa depan adalah tanggung jawabnya sendiri. Apa yang terjadi hari ini adalah hasil dari yang telah kita lakukkan dimasa lalu. Dan untuk melihat masa depan dilihat dari apa yang kita pikirkan dan lakukan sekarang. Peserta diharapkan mampu membuat keputusan berkaitan dengan masa depannya dengan disertai restu orang tua dalam hal ini berkaitan dengan jenjang karir selanjutnya.

Dalam materi service excellence peserta diberikan pemahaman dan simulasi bahwa ada 3 pilar pelayanan berkualitas yaitu:

  1. Product excellence
  2. System / process excellence
  3. People excellence

 

Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang “Jiwa Melayani” yang harus melekat dalam pribadi setiap lulusan Polkesma sehingga pada saat mengikuti training dalam bekerja dapat dengan mudah diterima oleh lingkungan kerja dan juga akan dengan mudah menjalankan profesinya secara profesional.

Dalam materi manajemen karir, peserta diberikan penjelasan dan sekaligus praktek membuat lamaran dan Curiculum Vitae yang menarik dan benar. Selain itu peserta juga diberikan pemahaman serta kemampuan dalam menghadapi berbagai macam teknik wawancara, FGD (Focus Group Discussion) cara menjawab dalam wawancara sehingga diharapkan calon lulusan Polkesma bisa lebih siap. Peserta juga diberikan materi dalam menghadapi psikotes dikaitkan dengan lowongan kerja yang tersedia.

Seminar karir juga dilaksanakan di Kampus III Blitar pada 23 Agustus 2018, Kampus IV Kediri pada 28 Agustus 2018, Kampus I Jember pada 30 Agustus 2018, Kampus Utama pada 4 dan 5 September 2018, serta Kampus II Lawang pada 6 September 2018.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Urusan Kesekretariatan, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com