Kegiatan Poltekkes Kemenkes Malang di Bulan Oktober

Kegiatan Poltekkes Kemenkes Malang di Bulan Oktober

Kunjungan Poltekkes Kemenkes Manado

Direktur Poltekkes Kemenkes Manado beserta jajarannya mengunjungi Poltekkes Kemenkes Malang pada 9 Oktober 2018. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menyamakan persepsi mengenai remunerasi. Diskusi yang berlangsung di Ruang Komisi Etik Poltekkes Kemenkes Malang diikuti oleh Ka Subbag Administrasi, Umum dan Kepegawaian, Staf Kepegawaian, Staf Penjaminan Mutu dan Staf IT.

Survei Kepuasan Layanan oleh PK-BLU

PK-BLU bekerjasama dengan IPB sebagai tim independen berkunjung ke Poltekkes Kemenkes Malang untuk melakukan survei kepuasan layanan bidang pendidikan dan keuangan pada 9 Oktober 2018. Survei kepuasan layanan ini menggunakan teknik sampling acak/random sampling 50 mahasiswa dari semua jurusan. Bertempat di kelas Lokal W Kebidanan, survei kepuasan layanan bidang pendidikan dan keuangan dilakukan dengan media kuisioner.

Sebelum pengisian kuisioner, mahasiswa mendapatkan pengarahan cara pengisian kuisioner terlebih dahulu. Dalam waktu 15 menit, mahasiswa dapat mengisi kuisioner sesuai dengan persepsi pribadi mengenai layanan yang telah didapatkan selama berkuliah di Poltekkes Kemenkes Malang. Pada akhir kuisioner disediakan pula kolom saran yang dapat diisi untuk meningkatkan layanan bidang pendidikan dan keuangan di Poltekkes Kemenkes Malang.

Kunjungan Poltekkes Kemenkes Medan

Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang menerima kunjungan kerja Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan tanggal 11 Oktober 2018. Rombongan yang datang pada pukul 09.00 WIB diterima oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia. Kunjungan Poltekkes Kemenkes Medan dilakukan dalam rangka pembelajaran pengelolaan manajemen di Poltekkes Kemenkes Malang. Acara yang berlangsung di Kantor Direktorat dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Medan beserta jajarannya, Direktur, Pembantu Direktur II dan Kasubbag Administrasi, Umum dan Keuangan Poltekkes Kemenkes Malang.   

Poltekkes Kemenkes Malang menjadi Tujuan Studi Banding

Poltekkes Kemenkes Malang menjadi tujuan kunjungan studi banding SMA/SMK/MA. Setelah sebelumnya dari Purwokerto, Poltekkes Kemenkes Malang kembali menerima kunjungan siswa-siswi SMA dari Kesamben pada 11 Oktober 2018. Acara kunjungan diikuti oleh 35 siswa dan 5 guru pendamping SMAN 1 Kesamben serta Kepala Unit Pengembangan Pendidikan, Kepala Urusan Kemahasiswaan, Kepala urusan Akademik, serta BEM Poltekkes Kemenkes Malang. 

Kunjungan yang dilakukan SMAN 1 Kesamben dalam rangka mengenal lebih lanjut Poltekkes Kemenkes Malang diterima oleh Direktur yang diwakili Kepala Urusan Kemahasiswaan. Kunjungan yang berlangsung di Gedung Auditorium dibuka dengan sambutan dari guru pendamping SMAN 1 Kesamben yang berterima kasih atas penerimaan kunjungan di Poltekkes Kemenkes Malang. Dalam sambutannya guru pendamping mewakili Kepala Sekolah berharap dengan kunjungan ini siswa SMAN 1 Kesamben memiliki gambaran salah satu Program Studi yang dapat mereka pilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi.  

Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai profil institusi seperti sejarah, visi misi, hingga tata cara pendaftaran mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Malang oleh Kepala Urusan Akademik Rizki Mustika dan pemaparan kegiatan kemahasiswaan oleh BEM Poltekkes Kemenkes Malang. Rombongan siswa dan guru pendamping SMAN 1 Kesamben juga melakukan kunjungan lapangan yang dipandu BEM Poltekkes Kemenkes Malang.

Pencanangan Kantor Berbudaya Hijau dan Sehat (BERHIAS)

Pencanangan Gerakan Kantor Berbudaya Hijau dan Sehat (BERHIAS) di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Malang tanggal 12 Oktober 2018. Pencanangan ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan Gerakan Kantor Berbudaya Hijau dan Sehat (BERHIAS) di Kampus Utama Poltekkes Kemenkes Malang dan diikuti oleh seluruh civitas akademika.

Penilaian Calon Arsiparis Berprestasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan

Arsiparis merupakan jabatan dalam institusi secara aktif memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan kegiatan kearsipan. Arsiparis Poltekkes Kemenkes Malang atas nama Endang Purwaningsih berhasil masuk nominasi 10 besar Arsiparis Berprestasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Sebagai salah satu dari 10 besar nominasi calon Arsiparis Berprestasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan, Endang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti penilaian tahap 3 di Poltekkes Kemenkes Malang. Tim penilai dari Kementerian Kesehatan yang hadir tanggal 15 Oktober 2018 melakukan penilaian langsung di Poltekkes Kemenkes Malang. Selain melakukan kunjungan, tim penilai juga mewawancarai beberapa pegawai terkait dengan kegiatan kearsipan.

Kuliah Tamu Program Studi D-III Asuransi Kesehatan

Program Studi D-III Asuransi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan kuliah tamu bersama Sun Life Financial Syariah pada 16 Oktober 2018. Kuliah tamu yang diikuti oleh seluruh mahasiswa berlangsung di Gedung Auditorium dan dibuka oleh Ketua Program Studi, Ngesti W. Utami, S.Kp., M.Pd. Bersama tim dari Sun Life Financial Syariah, acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai financial planner khususnya dalam asuransi syariah.

Kuliah Tamu Bersama Pustakawan Utama IPB

Sebagai salah satu dari 10 perpustakaan terbaik di lingkungan Kementerian Kesehatan, perpustakaan Poltekkes Kemenkes Malang mendapatkan kesempatan visitasi oleh Tim Perpustakaan Kementerian Kesehatan.

Selain kunjungan langsung ke perpustakaan, Tim Perpustakaan Kementerian Kesehatan juga meninjau upaya yang dilakukan perpustakaan untuk menunjang terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan perpustakaan Poltekkes Kemenkes Malang yaitu mengadakan kuliah tamu bagi dosen dan mahasiswa.

Bertempat di Gedung Auditorium Poltekkes Kemenkes Malang, kuliah tamu bersama pustakawan utama IPB, Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc dilaksanakan pada 17 Oktober 2018. Kuliah tamu dengan tema "Upaya Pencegahan Plagiarism di Lingkungan Akademik dan Strategi Menyusun Karya Tulis Ilmiah" diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari masing-masing jurusan.

Upacara Rutin dan Penyerahan SK Pensiun

Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan upacara rutin dan penyerahan SK Pensiun dilaksanakan pada 17 Oktober 2018 di Lapangan Kampus Utama Poltekkes Kemenkes Malang. Pembantu Direktur II Setyo Harsoyo bertindak sebagai Pembina pada Upacara yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan pendidikan di Lingkungan Kampus Utama.

Upacara ini dijadikan momentum untuk mensosialisasikan pencanangan gerakan kantor Berbudaya, Hijau dan Sehat (BERHIAS) yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dengan adanya pencanangan ini, diharapkan tetap menjaga lingkungan karena kebersihan Poltekkes Kemenkes Malang merupakan tanggung jawab seluruh civitas akademika.   

Setelah upacara berakhir, acara dilanjutkan dengan penyerahan SK Pensiun Pegawai kepada satu orang pegawai yang telah purna tugas. Pembantu Direktur II mewakili Direktur kemudian berterima kasih kepada pegawai pensiun yang telah bekerja bersama Poltekkes Kemenkes Malang.

 

Penilaian Gerakan Kantor BERHIAS di Lingkungan Badan PPSDM Kesehatan

Gerakan Kantor berbudaya, Hijau dan Sehat (BERHIAS) diartikan sebagai upaya sistematis untuk mewujudkan kantor hijau dan sehat di lingkungan Kementerian Kesehatan melalui pendekatan aspek Kantor Ramah Lingkungan, efisiensi energi dan air, keselamatan dan kesehatan kerja, 5R dan Pengelolaan Kearsipan. Sebagai salah satu UPT di Lingkungan Badan PPSDM Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Malang masuk dalam nominasi 8 besar Gerakan Kantor BERHIAS.

Penilaian Gerakan Kantor BERHIAS UPT di Lingkungan Badan PPSDM Kesehatan dilaksanakan pada bulan Oktober kemarin, tepatnya tanggal 24 Oktober 2018 untuk Poltekkes Kemenkes Malang. Tiga orang tim penilai dari Badan PPSDM Kesehatan melakukan kunjungan lapangan untuk menilai Gerakan Kantor Berhias di Poltekkes Kemenkes Malang. Selain kunjungan lapangan, Tim Penilai juga melakukan wawancara secara acak kepada mahasiswa terkait upaya Poltekkes Kemenkes Malang dalam rangka mewujudkan Gerakan Kantor BERHIAS di Lingkungan Badan PPSDM Kesehatan.

Sosialisasi Orang Tua Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi dan Gakin

Nusantara sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan Kementerian Kesehatan dalam penguatan Pelayanan Kesehatan primer. Nusantara sehat bertujuan untuk mewujudkan Indonesia Sehat melalui peningkatan jumlah, sebaran, komposisi dan mutu tenaga kesehatan. Melalui program Nusantara Sehat, Kementerian Kesehatan mengundang para Tenaga Kesehatan Muda khususnya lulusan Politeknik Kesehatan untuk dapat berpartisipasi.

Poltekkes Kemenkes Malang sebagi 1 dari 38 Poltekkes di Indonesia mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti seleksi khususnya bagi mahasiswa penerima beasiswa bidik misi dan gakin (keluarga miskin). Untuk itu Poltekkes Kemenkes Malang mengundang orang tua mahasiswa penerima beasiswa bidik misi dan gakin untuk mengikuti sosialisasi mengenai nusantara sehat pada 31 Oktober 2018 di Gedung Auditorium.

Sosialisasi ini dibuka dan diisi penjelasan materi oleh Pembantu Direktur II, Setyo Harsoyo yang menekankan bahwa seleksi program nusantara sehat diwajibkan bagi seluruh mahasiswa penerima bidik misi dan beasiswa gakin. Selain program nusantara sehat, Setyo Harsoyo juga menjelaskan mengenai hak dan kewajiban serta pelanggaran dan sanksi yang berlaku bagi mahasiswa penerima bidik misi dan beasiswa gakin selama perkuliahan di Poltekkes Kemenkes Malang. 

Acara sosialisasi ditutup dengan pengisian surat pernyataan ditandatangani oleh orang tua yang menyatakan bahwa mahasiswa yang dituliskan namanya benar merupakan penerima  Beasiswa Bidik Misi/Gakin Tahun 2018 dan orang tua tersebut bukan pegawai/karyawan Poltekkes Kemenkes Malang.