Sertifikasi Penyuluh Anti Korupsi Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Sertifikasi dilaksanakan selama tiga hari, terhitung hari ini (27/11) hingga tanggal 29 November 2018.

Dari data yang disampaikan perwakilan tim dari LSP-KPK, Dian Rahmawati, untuk Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di wilayah Malang diikuti oleh 23 orang yang telah lulus administrasi secara online. Sepuluh peserta berasal dari Poltekkes Kemenkes Malang dan 13 lainnya dari BPSDMD Lampung, LBH Amanah Keadilan, Akper Pemkab Ponorogo, Gebrak Jateng, MI Bilingual Al Ikhlas, Rumah Baca Sahabatku, SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, SPAK Malang, FLAC Jember dan BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan. Dua puluh tiga orang ini kemudian berhak mengikuti tahap Pra Assesmen yang dibagi menjadi 6 kelompok dengan 6 asesor.

Dalam sambutannya, perwakilan dari LSP-KPK Sandri Justiana, menekankan empat poin kriteria penilaian yaitu integritas, kemampuan materi penyuluhan, keterampilan menyampaikan materi dan pelaksanaan sertifikasi. Tahapan yang harus dilalui yaitu pra asesmen dan asesmen lanjutan jika dibutuhkan. Setiap peserta harus menyiapkan dokumen sebagai data dukung selama proses sertifikasi.

“Waktu yang dibutuhkan untuk proses asesi tergantung dari kesiapan masing-masing peserta. Semakin siap peserta dalam proses pra asesmen, maka semakin cepat proses asesi. Sangat memungkinkan pra asesmen selesai hari ini bagi peserta yang siap,” tambahnya.

Pembantu Direktur I Poltekkes Kemenkes Malang, Moh. Wildan mendukung terlaksananya Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Ini juga sebagai salah satu pengembangan yang mana setiap Politeknik diharuskan memiliki Tempat Uji Kompetensi. Poltekkes Kemenkes Malang menjadi Poltekkes Kemenkes pertama sebagai tempat sertifikasi penyuluh anti korupsi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Moh. Wildan mengucapkan harapan Tempat Uji Kompetensi Poltekkes Kemenkes Malang dapat melayani dengan baik dan proses asesi berjalan lancar. Sertifikasi Penyuluh Anti Korupsi Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) juga diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan diri bagi dosen Poltekkes Kemenkes Malang dalam memberikan materi tentang Korupsi kepada mahasiswa.   

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Urusan Kesekretariatan, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com