PKKMB 2019 Tujuh Kampus Wilayah Tangguh

Sapta Adhirajasa. Tujuh Kampus Wilayah Tangguh.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Poltekkes Kemenkes Malang Tahun 2019 berlangsung selama lima hari di tujuh Kampus Poltekkes Kemenkes Malang. Bekerjasama dengan Dodik Bela Negara Rindam V/Brawijaya Malang, PKKMB 2019 diisi kegiatan bela negara selama 1 hari dengan pemateri dari Dodik Bela Negara.

PKKMB 2019 diawali dengan upacara pembukaan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru tanggal 15 Juli 2019 di tujuh kampus Poltekkes Kemenkes Malang. Penyematan tanda pengenal kepada perwakilan mahasiswa baru dan pemukulan gong oleh Wakil Direktur III, Dr. Ganif Djuwadi, SST, S.Pd., M.Kes yang bertindak sebagai inspektur upacara menjadi penanda PKKMB 2019 secara resmi dibuka.

Kegiatan bela negara PKKMB 2019 selama satu hari diisi dengan materi wawasan nusantara, radikalisme dan pencegahannya serta pelatihan mengenai Peraturan Baris Berbaris (PBB). Mahasiswa baru dididik untuk menumbuhkan jiwa kebersamaan, kedisiplinan dan wawasan kebangsaan. Para pelatih dari Dodik Bela Negara Rindam V/Brawijaya Malang berharap ilmu yang didapatkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Mahasiswa Polkesma semoga dapat dijadikan sebagai pilar generasi penerus bangsa yang diharapkan oleh bangsa dan negara. Jiwa korsa telah dibentuk untuk harga mati NKRI,” ucap Kusno, salah satu pelatih Dodik Bela Negara Rindam V/Brawijaya Malang.

Kegiatan bela negara dalam rangkaian PKKMB 2019 dianggap penting untuk membentuk karakter mahasiswa. “Visi Poltekkes Kemenkes malang adalah menjadi institusi vokasi yang unggul dan berkarakter. Salah satu cara untuk membentuk karakter itu dengan mengikuti pelatihan bela negara. Tentunya kami berharap mahasiswa tidak hanya bagus secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik,” ucap Ganif dalam sambutannya

Selain mengikuti kegiatan bela negara, PKKMB 2019 juga diisi dengan materi pengenalan Poltekkes Kemenkes Malang, Jurusan, Program Studi, kegiatan kemahasiswaan dan akademik, serta sosialisasi kegiatan himpunan yang ada di Poltekkes Kemenkes Malang. Mahasiswa juga diberikan materi mengenai pendidikan budaya anti korupsi (PBAK) sebagai upaya memperkuat integritas mahasiswa dalam pemberantasan korupsi. Ini merupakan upaya awal sebelum mahasiswa nantinya akan belajar lebih mendalam di mata kuliah PBAK.

Hari terakhir PKKMB diisi dengan hiburan dan pameran Himpunan serta unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang telah disiapkan untuk dikunjungi para mahasiswa baru. Melalui pameran ini, mahasiswa baru bisa mengetahui lebih lanjut HMP dan UKM yang ada serta kegiatan yang dilakukan.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 resmi ditutup oleh Wakil Direktur III di lapangan Kampus Utama dengan pelepasan tanda pengenal dan pemakaian almamater Poltekkes Kemenkes Malang, kemarin (19/7).  

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Urusan Kesekretariatan, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com