Asesmen Lapangan Program Studi Promosi Kesehatan

Poltekkes Kemenkes Malang menerima tim asesor dari LAM PTKES untuk akreditasi Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Senin (22/7). Tim Asesor, Dr. Dian Ayubi, SKM, MQIH dan Pujiono, SKM., M.Kes disambut langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes. Seperti program studi DIII Asuransi Kesehatan dan Analisis Farmasi dan Makanan kemarin, tahun ini merupakan akreditasi pertama kali sejak program studi sarjana terapan Promosi Kesehatan dibuka tahun 2017.

Dalam pembukaan acara akreditasi, Budi Susatia memperkenalkan Poltekkes Kemenkes Malang yang memiliki 23 Program Studi, salah satunya Promosi Kesehatan. Program Studi Promosi Kesehatan termasuk dalam program studi yang masih baru. Di Indonesia, ada tiga Poltekkes Kemenkes yang memiliki program studi Promosi Kesehatan yaitu Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Poltekkes Kemenkes Bandung dan Poltekkes Kemenkes Malang. Program studi promosi kesehatan penting untuk dibuka agar masyarakat tidak hanya terpaku pada pelayanan kesehatan kuratif, tetapi juga promotif dan preventif. 

Kegiatan asesmen lapangan akreditasi program studi sarjana terapan Promosi Kesehatan dimulai dengan presentasi borang oleh Ketua Program Studi, Jupriyono, S.Kp., M.Kes dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu, Tanto Hariyanto, M.Biomed. Untuk tanya jawab, klarifikasi data, peninjauan sarana prasarana secara langsung dilaksanakan di perpustakaan dan laboratorium serta dengan melakukan pengecekan dokumen data dukung.

Akreditasi merupakan upaya peningkatan mutu institusi maupun prodi secara berkelanjutan. Salah satu proses akreditasi adalah asesmen lapangan yang bertujuan untuk melakukan verifikasi kesesuaian data yang ditulis di borang dan data yang ada. 

“Beberapa hal akan kami tanyakan dan diskusikan. Kami juga mohon kerjasama Bapak Ibu untuk menyiapkan dokumen yang sudah dituliskan,” ucap Dian Ayubi.

Asesmen lapangan dilaksanakan selama dua hari dan ditutup dengan pembacaan rekomendasi,  penandatanganan serta penyerahan berita acara yang telah disetujui bersama.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com