Rangkaian Peringatan HUT Ke-74 Republik Indonesia di Poltekkes Kemenkes Malang

SDM Unggul, Indonesia Maju.

HUT KE-74 Republik Indonesia tahun ini mengusung tema “SDM Unggul Indonesia Maju”. Tema ini mengandung makna pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul akan mendukung Indonesia Maju. Indonesia membutuhkan SDM Unggul yang berideologi Pancasila, pantang menyerah, tetap belajar dan terus bekerja keras.

SDM Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih dengan Indonesia memasuki era industri 4.0. Salah satu unsur yang dapat mendukung SDM Unggul yaitu dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi.

“Jangan terlalu cepat puas dengan capaian dan kompetensi yang kita miliki dan terlena dengan zona nyaman. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovatif dan kreativitas bangsa,” sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam Peringatan HUT Ke-74 RI tahun 2019.

Tahun ini, BEM Poltekkes Kemenkes Malang kembali menyiapkan serangkaian acara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang dapat diikuti seluruh civitas akademika. Rangkaian acara dimulai tanggal 16 Agustus 2019 dengan mengadakan senam bersama dan lomba. Tidak hanya mahasiswa, lomba yang diadakan juga diikuti dosen/karyawan Poltekkes Kemenkes Malang. Ada 5 lomba yang dapat diikuti yaitu peringkat satu, rantai proklamasi, balon goyang, karung gembil dan senam kreasi.

Peringatan HUT Ke-74 RI juga diisi dengan kegiatan donor darah. Donor darah ditujukan bagi seluruh civitas akademika dengan syarat yang telah ditentukan. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), kegiatan donor darah dilaksanakan di Gedung TUK Kampus Utama Poltekkes Kemenkes Malang.

Puncak rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 dengan mengadakan Upacara Bendera di Lapangan Kampus Utama Poltekkes Kemenkes Malang. Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, bertindak sebagai pembina upacara. Dalam hal ini mahasiswa dan kader bela negara bertugas sebagai petugas upacara.

Program Studi diluar Kampus Utama Poltekkes Kemenkes Malang juga ikut memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia dengan mengadakan Upacara Bendera dan lomba yang diikuti seluruh civitas akademika di masing-masing prodi.

Momen Kemerdekaan juga dijadikan momentum untuk memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang telah mengharumkan nama Poltekkes Kemenkes Malang dengan karya dan prestasinya. 

Mengutip pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Indonesia maju berkat karya seluruh anak bangsa Indonesia. Kecepatan dalam meraih cita-cita adalah peran bersama. Jika seluruh lapisan masyarakat Indonesia berpegang teguh pada semangat persatuan, Indonesia dapat maju dan akan tetap berdiri tegak.

Dirgahayu Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia. Dirgahayu Negeri Pancasila. Merdeka!

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com