Asesmen Lapangan WBK/WBBM

Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan melakukan asesmen lapangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Poltekkes Kemenkes Malang, pada 13-15 Agustus 2019.

Asesmen lapangan dimulai dengan pembukaan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia. Tahun ini merupakan asesmen lapangan yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2018. Dalam sambutannya Budi menyampaikan harapan besar asesmen lapangan tahun ini mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kami berharap, tahun ini bisa mendapatkan hasil baik dan melampaui standar minimal. Semoga tahun ini, nilai bisa lebih dari itu. Tentunya dengan adanya asesmen, kami juga berharap Tim Itjen bisa memberikan masukan-masukan yang membangun untuk menuju WBK/WBBM,” ucap Budi Susatia.

Kegiatan asesmen lapangan dilanjutkan pendampingan oleh Tim Itjen dengan melakukan diskusi dan tanya jawab pada masing-masing Pokja sesuai dengan indikator pada Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Ada 6 indikator yang dinilai yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain diskusi dan tanya jawab, Tim Itjen juga melakukan survei lapangan dan membagikan kuisoner kepada 30 orang secara acak untuk diisi. Kuisioner berisi pertanyaan tentang persepsi korupsi dan kualitas pelayanan masyarakat. Sedangkan survei lapangan dilakukan untuk konfirmasi apakah setiap unit kerja sudah menjalankan layanan sesuai dengan SOP.

Hasil asesmen lapangan secara keseluruhan, Poltekkes Kemenkes Malang memenuhi nilai standar minimal untuk dapat dilakukan penilaian selanjutnya oleh Tim Penilai Internal (TPI). Namun masih ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan utamanya dalam hal pelayanan publik dan pengawasan terhadap layanan.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com