Jurusan Gizi

VISI MISI JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES MALANG

 
 
 
 
VISI
 
Penghasil Tenaga Gizi Profesional 
 
MISI 
 

Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi.

Melaksanakan penelitian terapan guna pengembangan pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang gizi. 

Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuktanggung jawab sosial sesuai kebutuhan stakeholder. 

Peningkatan dan pengembangan sumber daya untuk mendukung enyelenggaraan pendidikan. 

Mewujudkan layanan prima. 

 
VALUE (NILAI) 
 
K : Kerjasama 
R : Responsif 
E : Efektif & Efisien 
A : Akuntabel 
T : Transparan 
I : Inovatif 
F : Fleksibel 

Visi Program Studi D-III Gizi Malang

Menjadi penyelenggara pendidikan ahli madya gizi yang kompeten dan kompetitif pada tahun 2015

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan D-III Gizi dengan Kurikulum berbasis kompetensi
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian terapan guna pengembangan pengetahuan dan teknologi di bidang pangan dan gizi
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pangan dan gizi
  4. Melaksanakan kegiatan yang dapat menumbuhkan soft skill civitas akademika dan tenaga kependidikan sebagai upaya peningkatan pencitraan Prodi D-III Gizi
  5. Melaksanakan proses pembelajaran yang didukung sarana, prasarana dan kemampuan SDM dalam penggunaan IT
  6. Melaksanakan layanan administrasi yang berbasis IT

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan ahli madya gizi yang kompeten di bidang gizi klinik, gizi masyarakat dan system penyelenggaraan makanan institusi
  2. Meningkatkan kemampuan berfikir kritis melalui  penelitian terapan dibidang pangan dan gizi
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pangan dan gizi sesuai dengan bidang keilmuan bagi dosen dan mahasiswa
  4. Meningkatkan softskill seluruh komponen prodi
  5. Meningkatkan  kemampuan dalam penggunaan IT dalam pendidikan dan pengajaran
  6. Meningkatkan layanan  administrasi yang berbasis IT

Visi dan Misi Program Studi D-IV

VISI

Menjadi Program Studi Penghasil Sarjana Terapan Gizi yang kompeten dan Kompetitif di tingkat global Tahun 2016

Misi program studi

  1. Menyelenggarakan  pendidikan vokasi di bidang gizi  berbasis kompetensi
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan untuk pemecahan masalah gizi
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat pada bidang gizi dan kesehatan
  4. Menyelenggarakan kegiatan yang dapat meningkatkan softskill civitas akademika sebagai upaya pencitraan program studi
  5. Menyelenggarakan kegiatan administrasi yang berbasis Teknologi Informasi
  6. Menciptakan atmosfir akademik yang kondusif yang didasari atas otonomi  keilmuan dan        kebebasan akademik

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Terapan Gizi yang kompeten dan Kompetitif yang menguasai kompetensi yang mengacu pada Learning outcome sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  2. Mengembangkan IPTEK inovasi  seluruh civitas akademika dengan melakukan penelitian terapan untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang gizi
  3. Menyebarluaskan IPTEK di bidang gizi dan  hasil-hasil penelitian gizi terapan yang dihasilkan civitas akademika
  4. Meningkatkan dan mengembangkan softskill civitas akademika sebagai calon Tenaga Kesehatan di bidang Gizi
  5. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan adminitrasi di program studi  ditunjang pemanfaatan Teknologi Informasi
  6. Meningkatkan dan mengembangkan wawasan civitas akademika terhadap perkembangan IPTEK

 

KEBERHASILAN JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES MALANG

Menuju pertengahan tahun 2010, dilaksanakan restrukturisasi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang untuk periode kepemimpinan 2010-2014. Pergantian kepemimpinan yang berjalan baik tersebut diikuti dengan relokasi ruangan di lingkungan Jurusan Gizi. Penataan ruangan yang representatif ini mendukung kegiatan sehari-hari di Jurusan Gizi dengan suasana kerja baru dan lingkungan baru.

Pada Tahun 2010, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang berhasil memperoleh akreditasi A dengan nilai 90,68. Hal ini merupakan keberhasilan seluruh Civitas Akademika di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang.

 Pada tahun yang sama, sejumlah 19 orang dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang berhasil memperoleh Sertifikasi Dosen, penyerahannya dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2010. Dengan diraihnya sertifikasi dosen ini menunjukkan bahwa dosen di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang memiliki kualifikasi yang terstandard.

Demikian pula dengan produktivitas para dosen dalam hal menyusun buku, pada tahun 2010  Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang berhasil menyusun 3 buah buku, yaitu:

   1. Etika Profesi oleh Bachyar Bakri, SKM, M.Kes
   2. Memilih BM oleh Yohanes Kristianto, Grad Food Dipl, MFT
   3. Bahasa Indonesia oleh Dra. Sri Endang Surowati, MM

Dalam rangka memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi di bidang Pengabdian Masyarakat, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang juga telah berhasil membuat Jejaring yang melibatkan beberapa pihak, yaitu Bakorwil, Lumajang, PKK, dan juga Dinas Kesehatan. Kegiatan tersebut bermanfaat untuk pengembangan institusi dan pihak luar yang bekerjasama, misalnya adanya kerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lumajang guna pemanfaatan hasil perikanan berbasis teknologi untuk masyarakat.

Di Bidang Kemahasiswaan, Jurusan Gizi melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Gizi terlibat aktif dalam pembentukan Ikatan Mahasiswa Jurusan Gizi se-Indonesia yang dilaksanakan di Yogyakarta.

Guna meningkatkan eksistensi di masyarakat, salah satu kegiatan yang berhsil dilaksanakan adalah pembuatan Website Jurusan Gizi dengan nama Jurzima.blogspot.com. Website ini berisi info kegiatan Jurusan Gizi, profil Jurusan Gizi, dan beberapa info yang berhubungan dengan gizi dan kesehatan. Hal ini  juga berguna sebagai sarana promosi kepada masyarakat dan pengabdian masyarakat.

KEGIATAN JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES MALANG

Kegiatan Jurusan Gizi disamping penyelenggaraan PBM, juga mengadakan kegiatan pengembangan alumni dan profesi gizi. Dalah satunya adalah berdirinya Pusat Informasi dan Showroom (PIS) Gizi yang merupakan kerjasama Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang dengan DPC PERSAGI Malang Raya. PIS Gizi diresmikan pada 09 November 2009 yang merupakan sarana untuk pengembangan profesi gizi meliputi kegiatan Diklat Gizi, penyediaan catering gizi, konsultasi gizi, dan buku-buku gizi.

 

 

 

Soft Opening  PIS  Gizi oleh Ibu Tuti Soenardi di Hotel Kartika Graha Malang

 

 

Jurusan Gizi mengikuti kegiatan Workshop Sosialisasi Kerangka Sistem Uji Nasional Gizi bagi Jajaran Institusi Pendidikan Tinggi Gizi pada Bulan November 2010, dimana Jurusan Gizi sebagai salah satu Tim HPEQ (Health Professional Education Quality) Project yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti.

Kegiatan yang lainnya adalah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, misalnya mengikuti kegiatan seminar, bakti sosial dengan panti asuhan, penyuluhan di Posyandu, menjadi nara sumber di beberapa perguruan tinggi dan instansi lain (radio RRI, televisi, STIKES).

Pada tanggal 6 Januari 2011, bertempat di Ruang Poerwo Soedarmo Jurusan Gizi, telah dilaksanakan pertemuan Clinical Instructure (CI) bagi mahasiswa D-IV Gizi. CI tersebut berasal dari RSU dr. Saiful Anwar Malang, Dinas Kesehatan Kota Malang dan beberapa Puskesmas di Kota Malang. Pertemuan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi para CI untuk mendukung keberhasilan pembelajaran Prodi D-IV khususnya dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan bidang klinik dan masyarakat.


 CI PKL Bidang Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang, Jurusan gizi mengirimkan dosennya untuk mengikuti kegiatan Short Course antara lain bidang  Nutritional Anthropology, Nutrition in Food Industries, Food Safety di South East Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO)-RCCN University of Indonesia Jakarta.(Sugeng iwan)